Otomotif

Waktunya Cek 5 Komponen Mobil setelah Liburan Nataru : Okezone Otomotif

JAKARTA – Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah usai. Artinya, sudah waktunya kembali beraktivitas seperti biasa. Di tengah aktivitas yang mulai normal, ada baiknya untuk memeriksa kembali mobil setelah digunakan menempuh perjalanan jauh.

Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, mobil yang digunakan berlibur dengan kondisi jalan pada, jarak yang jauh dan cuaca sering berganti, dipastikan akan menguras tenaganya.


Apalagi, jika mobil digunakan di daerah dengan jalan naik turun, beban berat dan kondisi yang tidak rata, kerja menjadi makin berat. Itu kenapa perlu dilakukan pemeriksaan, termasuk melakukan servis ke bengkel untuk memastikan mobil dalam kondisi baik. Berikut tips pemeriksaan kendaraan setelah libur Nataru. 

1. Oli dan Radiator Coolant Perlu Dicek

Mesin menjadi komponen yang bekerja keras sepanjang jalan libur Nataru. Karena itu, pastikan memeriksa oli mobil untuk memastikan kondisinya masih bagus atau perlu diganti. Ini untuk menghindari kemungkinan lebih buruk seperti mesin rusak.

Selain oli, cek juga radiator coolant juga bisa habis karena tidak pernah dikontrol. Padahal, ketika suhu mesin semakin panas, radiator akan berusaha menjaganya supaya tidak overheat.

2. Kaki-kaki Mobil dan Power Stering

Bagian ini bekerja ekstra berat menopang beban penumpang dan barang saat melewati jalan dengan kondisi tidak terprediksi. Sehingga jika dilakukan servis berkala, shock absorber serta komponen pendukungnya harus dipastikan tetap dapat bekerja optimal untuk meredam guncangan di jalan.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sistem kemudi seperti tie rod dan ball joint dipastikan kondisinya tetap prima untuk menjaga kinerjanya. Selain itu, power steering dan komponen lain di kolong mobil ikut mendapatkan perhatian untuk memastikan tidak ada masalah di area yang sulit terpantau. Mobil mendapatkan layanan spooring dan balancing sehingga sudut keselarasan roda terjaga.

3. Ban Mobil

Ban mobil memegang peran sangat penting saat berkendara. Harus dipastikan ban tidak ada masalah karena sudah memasuki musim hujan. Salah satu masalah besar di musim hujan adalah aquaplaning.

Cek tekanan udara sesuai rekomendasi pabrikan. Pastikan alur ban masih tebal dan tidak ada yang sobek, termasuk pada dinding ban. Jangan ragu mengganti ban apabila diyakini kondisinya sudah tidak aman.

4. Periksa Alternator dan Aki

Jarang disebut, tapi alternator juga menjalankan tugas berat sebagai pengatur kelistrikan mobil. Jika kondisi alternator kurang baik, aki mobil tidak akan mampu bertahan lama. Efek buruknya, mesin tidak menyala saat di starter. Periksa juga aki saat servis berkala supaya dapat bekerja optimal dan merasa tenang saat kembali beraktivitas.

5. Cek Busi dan Filter Mesin

Jika busi sudah lemah atau mati, performa mesin bakal turun akibat pembakaran tidak stabil. Di sinilah peran busi pada mesin pembakaran. Komponen lain yang berpengaruh besar pada performa mesin adalah semua jenis filter mesin; filter udara, oli, dan filter bahan bakar. Kotoran yang menyumbat sistem injeksi dapat menurunkan kinerja mesin dan membuat konsumsi bensin boros. 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button