Teknologi

Trump Membela Kontribusinya terhadap NATO Meski Menuai Kritik

Trump Membela Kontribusinya terhadap NATO Meski Menuai Kritik
Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, membela catatannya terkait NATO, menyatakan telah memperkuat aliansi tersebut.(AFP)

MANTAN Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mempertahankan rekam jejaknya terkait NATO pada Senin, mengatakan telah membuatnya “kuat” setelah memicu gelombang kritik atas komentarnya yang meremehkan komitmennya terhadap aliansi tersebut.

Trump mendapat teguran dari semua pihak setelah mengatakan dalam pidato pada Sabtu, ia akan “mendorong” Rusia untuk menyerang anggota NATO yang tidak memenuhi kewajiban keuangan mereka, dalam serangan luas terberatnya terhadap organisasi tersebut.

“SAYA MEMBUAT NATO KUAT, dan bahkan RINOS dan Demokrat Sayap Kiri Radikal mengakui hal itu,” kata Trump di Truth Social, Senin, menggunakan akronim yang digunakan konservatif untuk kritik terhadap mereka di dalam partainya sendiri: Republicans in Name Only.

Baca juga : Biden Kecam Komentar Trump Terkait NATO sebagai “Mengerikan dan Berbahaya”

“Ketika saya memberi tahu 20 Negara yang tidak membayar bagian mereka yang adil bahwa mereka harus membayar, dan mengatakan tanpa melakukan itu, Anda tidak akan mendapatkan Perlindungan Militer AS, uang pun datang mengalir. Setelah begitu banyak tahun Amerika Serikat membayar tagihan, itu adalah pemandangan yang indah untuk dilihat.”

Trump telah lama mengeluh tentang NATO, menuduh sekutu-sekutu Barat sebagai penggembira yang tidak ikut serta dalam pengeluaran militer, menganggapnya sebagai jaminan bahwa mereka dapat mengandalkan AS sebagai perisai pertahanan.

Namun, ia secara berulang kali menunjukkan baik selama maupun setelah masa jabatannya bahwa ia entah tidak memahami bagaimana NATO bekerja atau tidak bersedia berbicara secara akurat tentangnya.

Baca juga : Mengejutkan, Senat AS Memulai Pekerjaan Bantuan Ukraina Meski Dihadang Oposisi

Pada 2006, negara-negara NATO membuat komitmen samar – yang diformalkan tahun 2014 – untuk menghabiskan 2% dari produk domestik bruto mereka untuk pertahanan mereka sendiri, tetapi anggota tidak membayar biaya langganan dan tidak “berhutang” uang kepada aliansi untuk pertahanan.

Benchmark dua persen tersebut bersifat sukarela dan tidak ada sanksi yang diatur dalam perjanjian pendirian NATO jika tidak mencapainya.

Berbicara di sebuah kampanye di Carolina Selatan pada hari Sabtu, Trump menggambarkan apa yang dikatakannya sebagai percakapan dengan kepala negara lainnya dalam pertemuan NATO yang tidak ditentukan waktu dan tempatnya.

Baca juga : Separuh Warga Dunia akan Gelar Pemilu di 2024

“Salah satu presiden dari sebuah negara besar berdiri dan berkata, ‘Nah, tuan, jika kami tidak membayar, dan kami diserang oleh Rusia, apakah Anda akan melindungi kami?’ Saya berkata, ‘Anda tidak membayar, Anda wanprestasi? Tidak, saya tidak akan melindungi Anda,'” kata Trump kepada pendukungnya.

“Malahan, saya akan mendorong mereka untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan.”

Presiden Joe Biden mengecam komentar tersebut sebagai “mengerikan dan berbahaya,” memperingatkan bahwa pendahulunya, yang mencalonkan diri untuk pemilihan kembali, bermaksud memberi lampu hijau kepada pemimpin Rusia, Vladimir Putin, “untuk lebih banyak perang dan kekerasan.”

Baca juga : Lagi, Biden Minta Dana Perang US$106 Miliar untuk Ukraina dan Israel

Komentar Trump muncul setelah Senator Republik pekan lalu menolak rancangan undang-undang lintas partai yang akan mencakup dana US$60 miliar untuk Ukraina, plus bantuan bagi sekutu Israel, bersama dengan reformasi untuk mengatasi krisis perbatasan AS-Meksiko.

Paket bantuan luar negeri yang mencakup dukungan untuk Kyiv tetapi melepaskan dana dari isu perbatasan berhasil melewati pemungutan suara prosedural kunci di Senat AS pada hari Minggu, meskipun diperkirakan bahwa Republikan masih akan menghalanginya untuk menjadi undang-undang. (AFP/Z-3)

Baca juga : Tank-Tank Barat jadi Target Prioritas Serangan Rusia di Ukraina


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button