Gaya Hidup

2 mahasiswa terpilih jadi Super Glowing UMKM Shopee Super Awards 2023

Jakarta (ANTARA) – Dua orang mahasiswa asal Jakarta, Given Susanto dan William Gomarga terpilih menjadi Super Glowing UMKM dalam acara penghargaan Shopee Super Awards 2023 melalui bisnis parfum yang dibangun di platform Shopee bernama Heura.
 

Ditemui oleh awak media di acara penghargaan Shopee Super Awards 2023, pria yang baru menginjak umur 21 tahun ini menceritakan awal mula membangun brand Heura.

 

“Jadi dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura,” kata Given.

Baca juga: Lewat Shopee Affiliate dan Shopee Live, guru berhasil ubah hidup

Baca juga: Shopee Super Awards 2023 berikan apresiasi UMKM hingga kreator

 

Awalnya, Heura melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat Indonesia. Dengan anggaran terbatas, Heura memutuskan untuk membuka penjualan secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.

Ketiga UMKM Penerima Penghargaan dalam Shopee Super Awards 2023 (kiri ke kanan: Dushishoes, Heura Official Shop, Azella Collections, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto). (Dokumen pribadi)



Keputusan untuk memulai penjualan di Shopee sebagai platform pertama, didasari oleh pandangan bahwa Shopee mampu memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di tanah air. Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif, sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.

 

“Kami berusaha untuk membuat Heura ‘berbeda’ dengan strategi pemasaran yang kuat dan peningkatan kualitas produk. Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year-on-year sekitar 150 hingga 200 persen,” kata Given.

 

Sebagai pengusaha muda yang sukses, Heura tidak hanya memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya tetapi juga telah membuka lapangan kerja bagi 35 orang.

Keberhasilan Heura dalam memanfaatkan potensi pasar wewangian di Indonesia dan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur di Shopee yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia memberikan penghargaan kategori Super Growing UMKM kepada Given Susanto, Pemilik Heura Official Shop di Shopee. (Dokumen pribadi)



Meski baru beroperasi selama satu tahun sejak April 2022, Heura sukses menarik perhatian para pembeli dengan menjual lebih dari ratusan produk di satu bulan pertama sejak didirikan. Bahkan, saat ini angka penjualannya mampu mencapai ribuan produk dalam satu bulan.

Tidak heran, bisnis besutan Given dan William ini berhasil dinobatkan sebagai Super Growing UMKM, dalam helatan Shopee Super Awards 2023.

Baca juga: INDEF sebut Kampus UMKM Shopee jadi program terpopuler untuk UMKM

Baca juga: Shopee ekspor 50.000 produk UMKM tiap harinya

 

“Jujur, kami tidak menyangka bisa mendapatkan kehormatan sebagai Super Growing UMKM, di Shopee Super Awards 2023 ini karena yang kami lakukan selama ini cuma fokus mempelajari target market kami, dan juga belajar bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur di Shopee yang kami pakai seperti iklan, voucher dan program-program lain yang membantu nge-boost sales Heura, hingga sampai ke titik saat ini,” ujar Given.

 

Shopee Super Awards 2023 merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir.

 

Selain UMKM, sejumlah pihak seperti mitra brand, mitra seller, partner, serta konten kreator yang masuk ke dalam 33 Kategori penghargaan Shopee Super Awards 2023 turut hadir dan meramaikan acara penghargaan ini.

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button