Hiburan

Paul McCartney ungkap Johnny Cash sebagai inspirasi Wings


Jakarta (ANTARA) – Bertepatan dengan peluncuran ulang album penting band Wings yaitu “Band On The Run” pada 2 Februari, Paul McCartney mengungkapkan bahwa musisi Johnny Cash adalah sosok yang memberikan inspirasi terbentuknya band tersebut.

Setelah The Beatles bubar pada tahun 1970, McCartney tidak yakin ke mana dia mesti melanjutkan karier. Setelah melalui banyak pertimbangan, dia akhirnya memutuskan untuk membentuk sebuah grup baru dengan sekelompok musisi yang relatif tidak dikenal dan bersama sang istri, Linda, yang kemudian dikenal dengan nama Wings.

Far Out Magazine Jumat (26/1) menulis Paul “Macca” McCartney dalam sebuah wawancara dengan Mojo mengenang bahwa setelah The Beatles berakhir, dia dihadapkan pada beberapa alternatif, salah satunya adalah berhenti bermusik sepenuhnya dan melakukan hal yangd ia sendiri belum ketahui.

Baca juga: Ditinggal Denny Laine, Paul McCartney kenang momen The Beatles-Wings

“Hal lainnya adalah memulai sebuah band super dengan orang-orang yang sangat terkenal, (seperti) Eric Clapton dan sebagainya. Saya tidak menyukai keduanya, jadi saya berpikir: ‘Bagaimana dulu The Beatles dimulai?’ Band itu adalah sekelompok teman yang tidak tahu apa yang mereka lakukan,” kata Paul McCartney

Saat itu Paul McCartney menyadari bahwa mungkin ada alternatif ketiga, yaitu membentuk sebuah band yang tidak terlalu terkenal dengan tidak perlu merasa khawatir jika dia dan rekan-rekannya tidak tahu apa yang mesti dilakukan.

“Karena kami akan membentuk karakter kami seiring waktu bergerak. Hal itu menjadi sebuah keyakinan yang nyata. Sebenarnya, itu benar-benar gila,” kenang dia.

Macca lantas mengungkapkan momentum ketika dirinya melihat sosok Johnny Cash di televisi yang mendorongnya untuk memulai Wings.

“Kami (Paul dan Linda) sedang berada di tempat tidur pada suatu malam, baru saja menikah, ketika Johnny Cash muncul di televisi dengan band baru yang dibentuknya bersama Carl Perkins yang merupakan pahlawan besar saya. Di sanalah mereka, bermain dengan beberapa musisi country yang belum pernah saya dengar, tampak seperti sedang bersenang-senang,” tutur McCartney.

Melihat penampilan sang idola, MCartney berpikir dan menoleh ke arah Linda seraya berkata, “Apakah kau ingin membentuk sebuah band? Dia mengiyakan. Apakah kamu ingin pergi dan tinggal di sebuah peternakan di Skotlandia? Linda menjawab, ‘Mengapa tidak?'”.

Edisi baru album Wings “Band On The Run” akan tersedia dalam serangkaian format baru seperti vinil, CD, digital, dan format Dolby ATMOS pada tanggal 2 Februari.

Baca juga: Pentolan band Wings Denny Laine mangkat pada usia 79 tahun

Baca juga: Kesan Paul McCartney saat pertama bertemu John Lennon: “Dia keren”

Baca juga: Lirik Johnny Cash akan dikumpulkan ke dalam buku untuk pertama kalinya

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button