Hiburan

TikTok ajak talenta musik Indonesia unjuk bakat di “Gimme The Mic”


Jakarta (ANTARA) – Platform berbagi konten video, TikTok, mengajak talenta musik di Indonesia untuk bisa unjuk bakatnya di bidang tarik suara lewat kompetisi “Gimme The Mic”.

Kompetisi ini berlangsung lewat fitur siaran langsung TikTok yaitu TikTok LIVE dengan proses registrasinya telah dibuka sejak 9 Juli dan akan ditutup pada 29 Juli 2023.

“Lewat ‘Gimme The Mic’ TikTok berkomitmen untuk membesarkan kreator konten musik di Indonesia. Karena kita tahu orang Indonesia suka sekali dengan musik. Tidak hanya mengonsumsi tapi juga percaya diri dengan talenta-nya saat bernyanyi,” kata Content, Event, Partnership and Product Operation Lead TikTok LIVE Indonesia Agna Pradisiti Putri dalam konferensi persnya yang berlangsung daring dari Jakarta, Selasa.

Pendaftaran “Gimme The Mic” dibuka untuk umum dengan ketentuan peserta memiliki usia minimal 18 tahun. Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengklik tautan web https://bit.ly/gimmethemicindonesia.

Peserta juga perlu mengunggah video-nya bernyanyi minimal 30 detik di aplikasi TikTok dan menyertakan #GimmeTheMic dan #GimmeTheMic_Indonesia.

Baca juga: TikTok selenggarakan kompetisi nasional “Beauty Star on TikTok”

Dibantu dengan tiga musisi Tanah Air dan juga kreator konten TikTok yaitu Budi Doremi, Tantri KOTAK, dan Rizky Febian sebagai dewan juri nantinya seluruh pendaftar akan diseleksi serta dipilih 80 peserta terbaik.

Sebanyak 80 peserta itu akan menjalani audisi lanjutan berupa penampilan daring yang diselenggarakan melalui fitur “Multi-guest” lewat TikTok LIVE.

Dari audisi itu akan tersaring lagi menjadi 20 peserta untuk mengikuti babak penyisihan secara langsung di Jakarta.

Mereka akan dilatih tidak hanya dari sisi mempersiapkan diri untuk tampil sebagai musisi tapi juga cara membuat konten video dan siaran langsung yang menarik.

Proses pemilihan finalis secara langsung itu bisa disaksikan melalui akun TikTok LIVE @tiktokliveid.

Baca juga: TikTok buat reality show kompetisi gim “The Greatest Gamer Indonesia”

Setelah itu akan terpilih 12 finalis yang akan masuk ke dalam tahapan Final Show dan berakhir di sesi terakhir Grand Final Show untuk menemukan pemenang terbaik.

Dengan mendukung semangat kolaborasi, untuk sesi final hingga grand final tidak hanya disiarkan lewat TikTok LIVE tapi juga di stasiun TV swasta yakni SCTV.

“Ini adalah terobosan dan inovasi cemerlang karena platform digital seperti TikTok dan SCTV sebagai media mainstream saling melengkapi. Jadinya nanti talenta yang ditampilkan tidak hanya bisa dinikmati secara online tapi juga lebih dikenal luas setelah tampil juga di TV,” kata Deputy Director Programming SCTV Banardi Rachmad.

Dengan banyaknya tahapan yang disiapkan, keseluruhan kompetisi “Gimme The Mic” akan selesai pada September 2023.

Nantinya pemenang utama untuk “Gimme The Mic” akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 2.000 dolar AS (Rp30 juta), kesempatan untuk mengikuti kompetisi musik tingkat global, hingga kesempatan debut dengan lagu orisinil-nya.

Acara kompetisi menyanyi “Gimme The Mic” sebelumnya sudah pernah diadakan di beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris, dan kawasan Timur Tengah. Untuk 2023, kompetisi ini dihadirkan di kawasan Asia Tenggara dan juga Jepang.

Baca juga: TikTok selenggarakan Kompetisi Jurnalis untuk rayakan Hari Kemerdekaan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button