Daerah

Polres Tanah Laut tanam pohon mangrove di pesisir pantai Desa Takisung

Pelaihari (ANTARA) – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Humas Polri Tahun 2023, Kepolisian Resor (Polres) Tanah Laut, Kalimantan Selatan melaksanakan penghijauan berupa penanaman pohon mangrove, di Pesisir Pantai RT 12 Desa Takisung, Kecamatan Takisung.

Kapolres Tanah Laut AKBP Rofikoh Yunianto mengatakan,  pentingnya menjaga lingkungan, terutama di daerah pesisir. 

Baca juga: Selamatkan mangrove rambai demi Bekantan

“Penanaman pohon mangrove adalah salah satu upaya nyata untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan memelihara kelestarian lingkungan pesisir, ujar AKBP Rofikoh Yunianto, selepas penanaman mangrove, Jum’at.

Kegiatan tersebut, menurut dia, dalam upaya untuk memperkuat kesadaran lingkungan dan mendukung upaya pelestarian ekosistem pesisir.

“Kegiatan ini dipilih untuk merayakan Hari Ulang Yahun ke-72 Humas Polri dengan tema “Humas Polri Presisi untuk Negeri Indonesia Maju”,” terangnya. 

Tema tersebut, jelas dia,  mencerminkan komitmen Humas Polri dalam menjaga keamanan, ketertiban dan mendukung pembangunan di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengemukakan, selama kegiatan, sebanyak 150 batang mangrove berhasil ditanam di sepanjang pesisir pantai Desa Takisung. 

“Mangrove dipilih sebagai tanaman yang ditanam karena memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir, melindungi pantai dari erosi dan menyediakan habitat penting bagi berbagai jenis flora dan fauna laut,” tegasnya.

Baca juga: Warga tutup penambangan pasir ilegal

Kemudian, sambungnya, penghijauan tersebut  tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek dalam pelestarian lingkungan, tetapi juga memberikan pesan penting institusi Polri memiliki peran dalam memajukan Indonesia dengan menjaga ketertiban dan keamanan serta mendukung upaya pelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan penghijauan ini menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan ikut berperan dalam menjaga kelestarian alam Indonesia yang indah,” dem8kian tutup kapolres.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakapolres Tanah Laut Kompol M Irfan beserta para pejabat utama Polres Tanah Laut turut. 

Selain itu, para anggota Polres Tanah Laut juga aktif terlibat dalam penanaman pohon mangrove dan menunjukkan semangat penghijauan dalam menjaga lingkungan.

Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Humas Polri Tahun 2023, Kepolisian Resor (Polres) Tanah melaksanakan penghijauan berupa penanaman pohon mangrove, di Pesisir Pantai RT 12 Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Jum’at (13/10/2023).(ANTARA/HO-Humas Polres Tanah Laut).


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button