Daerah

Ikut lomba Inovasi Germas Palangka Raya, Tim terkesan dengan kelurahan Habaring Hurung – ANTARA News Kalimantan Tengah


Palangka Raya (ANTARA) – Tim Penilai inovasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mulai melakukan penilaian terhadap kelurahan yang menjadi peserta lomba.

“Salah satunya adalah di Kelurahan Habaring Hurung beberapa waktu lalu,” kata anggota tim penilai germas Hendra Surya di Palangka Raya, belum lama ini.

Dalam penilaian tersebut, tim melibatkan warga setempat untuk memahami lebih dalam tentang implementasi inovasi yang telah dilakukan. Adapun inovasi yang menonjol di Kelurahan Habaring Hurung di antaranya program olahraga bersama, penyuluhan kesehatan, dan proyek lingkungan yang mendukung gaya hidup sehat hingga hasil kebun warga yang memanfaatkan lahan pekarangan.

Hendra mengatakan inovasi yang ditonjolkan sangat menarik, baik dari kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar hingga hasil perkebunan warga dengan memanfaatkan pekarangan rumah berupa sayur-sayuran hingga buah-buahan.

“Kami sangat terkesan dengan kreativitas dan dedikasi masyarakat Kelurahan Habaring Hurung dalam mengusung nilai-nilai Germas. Inovasi-inovasi yang diterapkan di sini memiliki potensi untuk menjadi inspirasi bagi daerah lain,” katanya.

Tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bappedalitbang dan Diskominfo Kota Palangka Raya mengamati dengan seksama berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh masyarakat setempat dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo sebelumnya menerangkan, pihaknya melaksanakan lomba Germas yang melibatkan 10 Kelurahan.

Dia menerangkan, 10 kelurahan yang menjadi lokasi lomba adalah Kelurahan Bukit Tunggal, Petuk Ketimpun, Tanjung Pinang, Palangka, Menteng, Kalampangan, Panarung, Tumbang Rungan, Habaring Hurung, dan Kereng Bangkirai.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran perusahaan dalam pembangunan daerah

Melalui lomba ini, pihaknya ingin kelurahan beserta masyarakatnya terus berkreasi dan berinovasi dalam menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat.

Andjar menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dalam rangka implementasi Germas di Kota Palangka Raya, sekaligus memberikan apresiasi dan penghargaan kepada masyarakat yang memiliki inovasi terbaik di lokasi.

Baca juga: Siswa Palangka Raya diharapkan pertahankan prestasi di kancah nasional

Baca juga: Pemkot Palangka Raya intervensi spesifik penderita stunting

Baca juga: Disdik Kota Palangka Raya minta pelajar tingkatkan kreatifitas untuk cegah kenakalan remaja

Baca juga: Masyarakat diimbau antisipasi banjir dengan cara gotong royong




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button