Daerah

Warga Palangka Raya diminta jaga kesehatan saat musim kemarau – ANTARA News Kalimantan Tengah


Palangka Raya (ANTARA) – Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit Widodo meminta kepada warga di daerah setempat untuk selalu menjaga kesehatan karena kemarau yang melanda daerah setempat mengakibatkan munculnya penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

“Cuaca di daerah kita sangat panas akibat kemarau, sehingga mengakibatkan partikel debu di udara berterbangan dan mudah terhirup dan menyebabkan manusia menderita ISPA,” kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Sigit menuturkan, untuk mengantisipasi jika tidak terkena penyakit ISPA warga disarankan untuk menggunakan masker, perbanyak mengonsumsi air putih, buah-buahan dan vitamin C, sehingga daya tahan tubuh tidak mudah terserang penyakit yang berkembang saat ini.

Alangkah baiknya warga ketika keluar rumah saat hendak beraktivitas, bisa menggunakan masker jika tidak menghirup debu baik dari gesekan pasir atau dari kebakaran akibat lahan dan hutan (karhutla) yang bau asapnya pada pagi hari mulai terasa.

“Kami disini selain mengingatkan jika warga tidak mudah terserang ISPA, juga perbanyak istirahat karena partikel debu tersebut cukup berbahaya dan bisa mengganggu pernapasan kita,” ucapnya.

Sigit yang tergabung di Komisi C membidangi Pariwisata, Kesehatan dan pendidikan tersebut, meminta kepada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya untuk gencar mensosialisasikan kepada masyarakat terkait kondisi cuaca pada saat ini.

Bahkan banyak warga yang terkena diare, ISPA serta sebagainya sehingga warga seharusnya mengambil sikap yang seperti apa sehingga mereka terlindungi dari penyakit yang kapan saja bisa menimpa mereka.

“Setidaknya pengumuman di setiap Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) milik Pemkot Palangka Raya setempat juga ikut mensosialisasikan penyakit apa yang muncul kalau musim kemarau seperti ini,” tegasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, belakangan ini banyak warga yang terkena diare dan penyakit ISPA, sehingga mereka harus berobat ke puskesmas terdekat jika penyakit yang mereka alami itu sembuh.

Selain itu pula, makanan-makanan yang dikonsumsi saat kemarau seperti ini harus dijaga dengan baik jangan sampai makanan malah menjadi sumber penyakit seperti penyakit tenggorokan gatal dan batuk.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button