Otomotif

5 Tips Pengendara Sepeda Motor Matic di Musim Hujan, Waspada Aquaplaning : Okezone Otomotif

JAKARTA – Bulan Januari, intensitas hujan disertai angin dan petir semakin tinggi. Untuk keamanan, tinggal di rumah atau di dalam kantor menjadi pilihan paling tepat. Tapi, jika kondisi mendesak dan hujan turun ketika dalam perjalanan, pilihannya adalah berteduh atau lanjut.

Saat berteduh, yang harus dipastikan adalah tidak menganggu lalu lintas dan keselamatan pengendara. Jika terpaksa tentu harus melanjutkan perjalanan. “Banyak hal yang perlu dipersiapankan secara lebih ekstra. Terlebih, bagi pengendara sepeda motor matic,” tulis Wahana Honda dalam keterangan resmi.


Mereka juga menyarankan, pengendara sebaiknya menghindari riding dengan kecepatan tinggi saat hujan, karena bahaya bisa saja terjadi akibat jalan tergenang air Selain itu, ada beberapa hal yang baiknya dipersiapkan dan dilakukan bagi pengguna motor matic atau motor jenis lainnya saat hujan meninggal agar aman di jalan.

 BACA JUGA:

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

1) Perlengkapan Khusus.

Pastikan mempersiapkan jas hujan. Sebaknya hindari model ponco dengan menggunakan model setelan yang terdiri dari atasan dan bawahan. Gunakan sepatu anti air atau karet, sarung tangan dan helm dengan visor bening,


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

2) Perhatikan Penggunaan Rem.

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Mengingat saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman, perlu mengatur tekanan rem dan jaga jarak pengereman meninggal agar motor lebih mudah dikendalikan.

3) Atur Kecepatan.

Pengendara perlu mengurangin kecepatan saat melewati genangan air untuk mencegah terjadinya aquaplaning. Aquaplaning adalah kondisi terbentuknya lapisan air di antara ban mobil dengan permukaan jalan.

4) Jaga Jarak Aman.

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan. Pasalnya, jalan lebih licin sehingga traksi atau daya cengkram pada roda motor berkurang. Terlebih saat jarak pandang pendek ketika hujan. Ini dilakukan untuk menghindari tabrakan antar pengguna jalan.

5) Cek Kondisi Motor.

Pastikan rem bekerja dengan baik, kondisi ban tidak gundul, tekanan ban sesuai standar pabrikan, sistem kelistrikan atau lampu berfungsi baik, dan kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical. 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button