Gaya Hidup

Vitamin E jadi asupan yang bermanfaat bagi kulit


Jakarta (ANTARA) – Vitamin E memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit namun penting untuk memperhatikan kadar vitamin E yang dikonsumsi meninggal agar tidak berdampak negatif pada kulit.

Salah satu manfaat vitamin E adalah menjaga kelembapan kulit. Vitamin E membantu meningkatkan kadar minyak di kulit, sehingga kulit terasa sedikit berminyak. Kadar minyak yang cukup membantu menjaga kelembapan dan kadar air di dalam kulit, mencegahnya menjadi kering dan pecah-pecah.

“Kalau makanan yang bisa menjaga kesehatan kulit itu yang mengandung vitamin E, tapi kalau terlalu banyak vitamin E juga akan memberikan efek yang kita kurang suka. Vitamin E bisa menjaga kelembapan kulit dengan cara menaikan kadar minyak dikulit,” kata Kepala Dokter sekaligus Co Founder Privee Clinic Almod Wibowo saat ditemui di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Ini 5 makanan lezat kaya vitamin E untuk kulit sehat dan bersinar

Baca juga: Dermatolog: Perawatan kulit lebih efektif malam hari

Almond juga menjelaskan jika kulit wajah terlalu banyak kadar minyak dapat menyebabkan komedo dan jerawat yang lebih mudah muncul. Oleh karena itu, penting untuk mengatur kadar vitamin E yang dikonsumsi meninggal agar tetap seimbang.

Salah satu cara untuk mengatur konsumsi vitamin E adalah melalui makanan. Makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayuran dapat menjadi pilihan yang baik.

Namun, sulit untuk mengontrol kadar vitamin E yang tepat melalui makanan, karena setiap orang memiliki pola makan yang berbeda.

Alternatif lain adalah dengan mengkonsumsi suplemen dengan vitamin E, karena melalui suplemen, dosis vitamin E dapat diatur sesuai kebutuhan, sehingga lebih mudah untuk menjaga keseimbangan kadar minyak di kulit. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E untuk memastikan dosis yang tepat dan aman bagi tubuh.

“Makanya kalau ngomong soal makanan kita susah mengatur kadar vitamin E dalam makanan. Lebih baik dikonsumsi dalam bentuk suplemen, karena lebih bisa diatur dosisnya, kapan kebanyakan dan kekurangan. Kalau melalui makanan tidak bisa diatur orang mau makannya apa aja,” ujar Almond.

Dengan menjaga keseimbangan kadar vitamin E, seseorang dapat memastikan kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit yang tidak diinginkan. Penting untuk memilih cara konsumsi vitamin E yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh masing-masing.

Baca juga: Dokter: Tabir surya dan vitamin E lindungi kulit dari cuaca panas

Baca juga: Dokter: Sinar matahari berikan efek positif dan negatif bagi tubuh

Baca juga: Konsumsi buah bisa cerahkan kulit

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button