Ekonomi

UMKM Pelipur Lara Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga


Suara.com – Inna Pertiwi tidak pernah membayangkan usaha yang ia rintis dengan sederhana bisa menjadi pelita bagi segelintir orang yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dibangun sejak 21 tahun silam, Inna merintis Rumah Jahit Kaina sebagai tempat ia menyalurkan hobi dan kreasi, khusus untuk kepuasan diri sendiri dan orang-orang terdekatnya.

Mesin jahit hadiah dari suami, Inna yang merasa belum memiliki ilmu mumpuni memilih untuk belajar secara otodidak, tanpa modal. Jikalau ada, mungkin modal bensin yang digunakan untuk diskusi bersama beberapa orang terkait teknik menjahit.

Perlahan tapi pasti, usaha yang kemudian dinamai Rumah Jahit Kaina itu mulai dikenal masyarakat. Semakin banyak orang yang datang untuk membuat pakaian atau sekedar permak. Tidak hanya tetangga sekitar rumahnya, pelanggan yang datang kadang berasal dari kota yang berbeda dari tempat Inna tinggal.

“Awalnya dari mulut ke mulut sampai sekarang dikenal sampai di luar Pulau Jawa,” kata Inna saat diwawancarai Redaksi Suara.com, beberapa saat lalu.

Kualitas yang ditawarkan Rumah Jahit Kaina terus menyebar dari mulut ke mulut. Inna yang awalnya hanya ingin menyalurkan hobinya lantas diminta untuk menularkan ilmunya kepada orang lain.

“Diminta buka pelatihan. awalnya, saya agak keberatan karena saya sendiri juga masih belajar,” ujar Inna.

Bekal semangat membantu sesama, Inna kini tidak hanya menjadi penjahit yang berkarya melalui kain-kain tapi juga tangan-tangan mereka yang ia ajari berkarya dengan mesin jahit.

Memberdayakan Perempuan

Usahanya yang berkembang pesat membuat Inna tidak hanya membuka pelatihan. Tapi juga mempersilakan para peserta didiknya untuk meminjam mesin jahit darinya jika mereka bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dari rumah.

“Asal digunakan untuk mencari rejeki yang halal, silahkan dipakai,” kata dia mengenang kembali masa-masa di mana dirinya mendukung orang-orang di sekitarnya.

Peserta didik Rumah Jahit Kaina yang berlokasi di Bromonilan, Kecamatan Kalasan, Sleman itu tidak hanya para puan yang tinggal di sekitarnya.

Para peserta didik itu berasal dari berbagai golongan, mulai dari buruh garmen hingga ibu rumah tangga yang ingin berdaya sembari mengasuh anaknya di rumah.

Inna senantiasa menanamkan nilai kemanusiaan dalam setiap pengajaran menjahit. Tidak hanya mengajarkan nilai ikhlas dan kemandirian kepada anak didik, melainkan juga pada dirinya sendiri.

“Saya selalu berusaha berniat membantu siapa saja, tanpa terkecuali,” ungkapnya.

Inna merasa bersyukur dirinya tidak hanya menjadi seorang penjahit untuk menghidupi ia dan keluarganya tapi juga bisa ‘menolong’ ibu-ibu lain yang membutuhkan penghasilan.

Ia masih mengingat ketika Rumah Jahit Kaina menerima beberapa ibu rumah tangga yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh orang terdekatnya.

“Dulu, ada lima orang yang saya ajari dari nol. Dua orang diantaranya merupakan korban KDRT yang dilakukan suaminya. Karena saya dulu pernah gabung jadi relawan bantu korban KDRT, jadi punya informasi cukup terkait perkembangan kasus ini,” ungkap Inna, kembali meneropong masa-masa kala Rumah Jahit Kaina jadi ‘tempat bernaung’ para korban KDRT itu.

Dua perempuan yang menjadi korban KDRT mengikuti program belajar di Rumah Jahit Kaina selama kurang lebih tiga tahun. Selama masa pembelajaran, keduanya tidak hanya diajarkan keterampilan berwirausaha, tetapi juga diberikan dukungan untuk menyembuhkan trauma akibat kekerasan yang mereka alami di masa lalu melalui diskusi bersama psikiater dan terus berkarya.

Rumah Jahit Kaina berusaha keras jika para korban terus bisa berkembang untuk diri mereka sendiri, terutama karena pada saat itu suami mereka sedang dipenjara. Ada kekhawatiran bahwa membiarkan korban KDRT tinggal sendirian dapat berdampak buruk pada kesehatan mental mereka di masa depan.

Inna, pengelola Rumah Jahit Kaina, merasa bersyukur karena bertemu dengan kedua perempuan tersebut. Mereka tidak hanya belajar banyak dalam hal keterampilan kerja, tetapi juga mengatasi masalah kehidupan. Salah satu dari mereka, yang diakui cekatan dalam bekerja, kini telah bekerja sebagai penjahit di Jepang selama empat tahun.

“Mendapatkan kehidupan yang baik, Alhamdulillah. Rekan kerja dan bosnya baik, dan dia betah tinggal di sana. Namun, sayangnya, satu orang lainnya telah meninggal dunia. Saya sangat bersedih ketika itu terjadi,” kenang Inna.

Inna senantiasa mengingat, kapan saja dirinya bisa membantu para korban KDRT tanpa terkecuali. Para korban, menurut dia, harus selalu mendapatkan pendampingan dan aktivitas rutin yang memberdayakan korban sehingga, dengan kangkah-langkah yang tepat, mereka mampu bangkit dari keterpurukan.

Berkembang Melalui Komunitas

Rumah Jahit Kaina adalah satu dari sekian banyak contoh usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mampu berkembang sekaligus turut berperan di tengah masyarakat.

Perkembangan Rumah Jahit Kaina hingga saat ini tidak lepas dari dukungan Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui UMKM BRIncubator.

Inna selaku sosok yang berperan vital di Rumah Jahit Kaina mengatakan, di BRIncubator, ia belajar berbagai hal yang mendukung usahanya itu berkembang lebih jauh.

“Saya cukup banyak belajar di sana. Terutama dalam mengelola keuangan usaha. Sebagai pelaku usaha kecil, cukup banyak ilmu yang saya terima dari workshop yang diadakan,” kata Inna Pertiwi.

BRIncubator adalah program persembahan dari BRI yang berorientasi mendukung UMKM dengan membuka peluang akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapabilitas usaha secara digital sehingga mampu menembus pasar ekspor secara luas.

Inna memahami, para penjahit yang tergabung di Rumah Jahit Kaina mayoritas adalah ibu rumah tangga yang sibuk dengan urusan rumah tangga.

Guna memudahkan pekerjaan tanpa mengganggu pekerjaan rumah. Rumah Kaina memiliki grup Whatsapp yang berisi para anggota.

“Komunitas kami juga punya grub Whatsapp yang berisi saling sharing pesanan. Saya berikan pesanan penjahit nanti disebar melalui grup dan mereka kerjakan, jadi makin gampang,” kata dia.

Inna memahami betul kesulitan yang dihadapi ibu-ibu dengan tanggung jawab anak dan rumah tangga mereka. Dengan adanya penugasan-penugasan yang dikirim melalui Whatsapp, para penjahit yang tergabung dalam komunitas tidak perlu lagi datang ke Rumah Jahit Kaina tapi bisa mengerjakan tugasnya dari rumah masing-masing.

Saat ini, Kaina memiliki anggota komunitas mencapai puluhan orang yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga.

Melalui komunitas Rumah Jahit Kaina, Inna berharap, para perempuan terutama ibu rumah tangga untuk tetap berdaya dan berkarya jika bisa mandiri, tidak terkecuali dalam keuangan.

“Fokus dengan usaha yang sekarang dijalankan. Naik turun bisnis itu fenomena biasa dan buka wawasan seluas-luasnya karena ilmu itu terus berkembang, tidak terkecuali dalam ilmu jahit. Terakhir, jangan anti-kritik, kritik itu dibutuhkan jika kita bisa terus berkembang” kata dia.

Untuk urusan omzet, Rumah Kaina bisa menerima order hingga 700 pesanan dengan omzet mencapai jutaan rupiah tiap bulannya.

“Tidak besar. Tapi, kami bersyuku Rumah Kaina bisa menjadi ‘rumah’ bagi mereka yang membutuhkan,” pungkas Inna.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button