Otomotif

Toyota GR Yaris Facelift Meluncur di Tokyo, Begini Spesifikasinya : Okezone Otomotif

TOKYO Toyota GR Yaris facelift telah diluncurkan pada Tokyo Auto Salon 2024. Sejumlah ubahan tampak dalam Toyota GR Yaris tersebut.

Melansir Topspeed, Kamis (8/2/2024), Toyota Gazoo Racing (TGR) membuat pembaruan tidak hanya terkait estetika, tapi juga mencakup mekanis dan sasis yang dipelajari dari mobil reli GR Yaris WRC-nya.

Toyota GR Yaris ditenagai mesin 3 silinder dengan kapasitas 1,6 liter. Tenaga terdongkrak dari 272 ke 304 tenaga kuda dan torsinya 400 Nm.

Perubahan paling signifikan pada GR Yaris adalah penambahan konverter torsi otomatis delapan kecepatan. TGR menyebutnya sebagai Transmisi Otomatis Langsung (DAT). Dikembangkan dari pembelajaran reli, transmisi diuji dalam event dan kondisi olahraga motor sebenarnya.

Perpindahan gigi otomatis pada umumnya bergantung pada penginderaan perilaku kendaraan. Namun, perangkat lunak DAT mendeteksi cara pengemudi menginjak rem dan mengoperasikan pedal gas.

Hal ini dapat mengantisipasi perpindahan gigi diperlukan bahkan sebelum terjadi perubahan perilaku kendaraan. Menurut TGR, ini akan menghasilkan pemilihan gigi otomatis.

Transmisi manual enam percepatan tetap ditawarkan. Selain itu, ada juga Circuit Mode baru yang mengeluarkan potensi penuh GR Yaris. Ini menambah kontrol anti-lag dan peningkatan batas kecepatan pembatas kecepatan saat memasuki suatu area seperti sirkuit.

Sementara itu, struktur bodinya tidak berubah. Di bagian luar, Toyota GR Yaris 2024 hadir dengan sedikit perubahan estetika.Bemper di bagian depan mendapatkan saluran masuk udara yang lebih lebar dengan jaring baja yang mudah diganti jika terjadi kerusakan. Sementara ventilasi udara samping yang lebih besar memungkinkan pendinginan rem yang lebih baik. Ada juga pendingin tambahan di bemper depan untuk memperhitungkan opsi otomatis delapan kecepatan baru.

Sementara di belakang, bempernya sedikit diubah lebih dengan estetik. Sedangkan lampu belakang LED telah direvisi baik dari segi estetika maupun posisinya. Sementara penambahan batang LED menghubungkan kedua lampu belakang LED untuk tampilan yang lebih berbeda.

Dari sisi interior, Toyota GR Yaris 2024 memiliki desain dasbor baru yang lahir dari mobil reli WRC. Dasbor telah dibentuk dan dirancang sehingga kendali diarahkan ke arah pengemudi. Sementara posisi tempat duduk dan tuas persneling diposisikan buat bisa mudah digunakan saat berkendara di reli.

Lalu, pelanggan GR Yaris di Jepang dapat memilih rem parkir vertikal, sehingga lebih memudahkan dalam melakukan putaran rem tangan.

Sayangnya GR Yaris 2024 masih belum bisa hadir di Amerika Serikat. Namun, dapat dikatakan, peningkatan mekanis ini mungkin juga dapat ditawarkan ke GR Corolla.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button