Otomotif

Tips Memilih Ban Motor yang Aman Digunakan saat Musim Hujan : Okezone Otomotif

JAKARTA – Memasuki musim hujan, sudah saatnya memperhatikan segala hal untuk menjamin kesiapan kendaraan Anda.


Pada motor, selain menyiapkan perlengkapan untuk menerjang hujan. Bagian ban juga wajib diperhatikan.

Selain kondisinya mungkin tidak lagi layak terlebih telah melewati masa kemarau panjang, pilihan ban yang aman untuk musim hujan juga bisa sangat disarankan.

 BACA JUGA:

Berikut adalah tips memilih ban untuk musim hujan, dilansir dari situs resmi Wahana Honda, Sabtu (2/12/2023).

1. Ban dengan Teknologi Silica

Ban yang memiliki teknologi silica mampu mencengkram permukaan jalan dengan kuat.

Oleh karena itu, ban tersebut dianggap aman digunakan ketika berkendara melalui jalanan yang licin dan basah akibat hujan.

Kemudian, Anda pun bisa terhindar dari selip ketika sedang berbelok atau jalan menikung. Satu hal yang paling menarik adalah dengan kehadiran silica ini mampu membuat ban 80% lebih awet.

2. Ban dengan motif rapat

Motif pada ban berguna untuk ‘memecah’ air ketika Anda menerjang genangan akibat hujan. Jadi, motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras.

Namun, saat melihat ada aliran air yang deras, sebaiknya dihindarkan. Meski motor Anda memiliki ban dengan kembangan atau motif rapat, hal ini juga memiliki risiko motor terguling dan akhirnya terseret oleh arus.

Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan ban untuk membuang air yang dilalui di jalan. Dengan demikian, daya cengkram ban terhadap aspal pun bertambah kuat.

3. Ban Standar

Terakhir, cara ini sangat simple yakni dengan tidak mengganti ban dan tetap setia dengan ban standar rekomendasi pabrik.

Sebab, pabrik ban di Indonesia biasanya sudah menyesuaikan produksi dengan kondisi jalanan termasuk ketika hujan.

Namun, Anda juga tetap perlu untuk memperhatikan kedalaman kembangan pada ban. Hal ini dikarenakan apabila ban sudah tipis, ban tetap harus diganti, demi keselamatan berkendara. Berikutnya pastikan pula ban telah memiliki tekanan angin yang tepat.

Syifaraudha


Follow Berita Okezone di Google News


(ima)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button