Gaya Hidup

Dokter kulit sebut empat skincare yang dibutuhkan penderita rosacea


Jakarta (ANTARA) – Dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika konsultan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo mengatakan ada empat jenis produk perawatan kulit (skincare) yang dibutuhkan penderita rosacea guna mengurangi keluhan gatal-gatal.

“Penting untuk memilih jenis skincare, utamanya yang mencegah kekambuhan begitu sering dan tidak memperparah gejala. Kalau ada penyakit tersebut, secara garis besar ada empat jenis yaitu pembersih muka (cleanser), pelembab, tabir surya (sunscreen) dan make up,” kata Dr. dr. Shannaz Nadia Yusharyahya, Sp.D.V.E., Subsp. D.K.E., MHA dalam diskusi daring di Jakarta, Senin.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu menuturkan rosacea merupakan sebuah penyakit radang kronis yang memunculkan benjolan-benjolan berukuran kecil yang diikuti kemerahan dan bernanah yang biasa muncul pada lokasi T yakni dahi, hidung, dagu dan pipi.

Baca juga: Penggunaan riasan wajah saat olahraga pengaruhi kesehatan kulit

Baca juga: Dokter anjurkan tidak langsung mencuci muka setelah terpapar matahari

Penyakit itu dapat dikatakan kompleks karena belum diketahui secara pasti faktor pencetus utamanya. Maka dari itu, penderitanya seringkali mengalami rasa nyeri atau terbakar hingga adanya keluhan pada mata tergantung dari tingkat keparahan rosaceanya.

“Penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Namun, kita sudah mengetahui bahwa ada faktor genetik di sana, ada juga pencetus lain seperti diseksi pembuluh darah dan sistem imun,” ucapnya.

Rasa gatal tersebut, katanya, kemungkinan besar memicu para penderita terus menggaruk benjolan-benjolan yang ada pada muka sehingga berbahaya bagi kesehatan kulit.

Dengan demikian, Nadia menyarankan pada untuk penderita rosacea menghindarinya dengan cara melakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan tata laksana medis yang tepat baik dengan obat oles atau obat minum, serta melakukan perawatan kulit secara mandiri.

Saat melakukan perawatan kulit, ia menyarankan pada untuk penderita rosacea mengenakan sabun cuci muka yang Potential of Hydrogen (pH) dan kandungannya sesuai dengan tipe kulit masing-masing. Misalnya pada pemilik kulit berminyak, dianjurkan untuk memilih sabun muka yang dapat menjaga kelembaban kulit.

Produk kedua yang disarankan yakni pelembab wajah. Tujuan pemakaiannya yakni meningkatkan kelembaban kulit, sehingga potensi terkena iritasi ataupun peradangan akibat pembengkakan pembuluh darah dapat diminimalkan.

Ketiga ada tabir surya, yang menurut Nadia perlu dikenakan oleh semua orang tidak terkecuali penderita rosacea. Semakin tinggi kandungan SPF dalam tabir surya, permukaan kulit akan semakin terlindungi dari sinar UV matahari.

Sementara produk terakhir adalah make up corrector yang berwarna kehijauan.

Nadia menjelaskan penggunaan make up seperti foundation kehijauan dapat membantu penderita menyamarkan bercak kemerahan pada area wajah dan mengurangi kemerahan akibat benjolan-benjolan kecil yang meradang.

Dari seluruh produk perawatan itu, Nadia mengingatkan penting bagi penderita rosacea untuk mencermati kandungan berbahan aktif yang ditambahkan ke dalam produk, guna membantu gejala tidak cepat kambuh.

Misalnya seperti moisturizer agent, antioksidan, kandungan vitamin A, B3 dan C hingga anti radang.

“Kemudian jangan skincare saja, pencegahan dengan mengetahui pencetusnya itu juga secara bersamaan perlu dijalankan untuk mengurangi keluhan supaya kalau gatal tidak digaruk-garuk karena dapat memperburuk kulit,” ujar Nadia.

Baca juga: Alasan utama zona-T wajah sangat berminyak

Baca juga: Cara terbaik menggunakan serum hialuronat untuk kelembapan kulit

Baca juga: Ini yang perlu diketahui jika melakukan perawatan wajah pertama kali

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button