Teknologi

Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Z Fold 5 resmi meluncur global


Jakarta (ANTARA) – Samsung resmi meluncurkan secara global ponsel layar lipat generasi kelima yaitu Galaxy Z Flip 5 dan Fold 5, dalam acara Galaxy Unpacked yang digelar di Seoul, Korea Selatan, Rabu (26/7).

“Samsung terus merevolusi industri perangkat mobile dengan foldable yang menetapkan standar baru dan konsisten meningkatkan pengalaman pengguna,” ujar President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics TM Roh.

Baca juga: Samsung Galaxy Unpacked untuk Galaxy Z series berlangsung 26 Juli

Samsung Galaxy Z Flip 5

Samsung Galaxy Z Flip 5 merupakan ponsel lipat dengan desain clamshell vertikal. Ponsel ini memiliki layar AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD+ dan adaptive refresh rate 120Hz.

Yang menarik dari ponsel lipat ini adalah adanya layar sekunder AMOLED seluas 3,4 inci kecerahan 1.600 nit dan refresh 60Hz. Layar sekunder ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti mengambil foto selfie, membalas pesan, melihat notifikasi, mengontrol musik, mengakses Samsung Wallet, dan pengaturan cepat tanpa harus membuka layar utama.

Samsung Galaxy Z Flip 5 menggunakan mekanisme engsel baru yang membuat ponsel ini dapat dilipat rata tanpa ada celah sehingga tidak ada debu atau air yang masuk. Selain itu, ponsel ini memiliki sertifikasi IPX8 untuk tahan air dan debu serta dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2.

Dalam hal kamera, Samsung Galaxy Z Flip 5 dilengkapi dengan kamera belakang ganda, termasuk sensor 12MP dengan OIS dan lensa ultra-wide-angle 12MP. Untuk foto selfie, terdapat kamera depan 10MP. Ponsel lipat ini juga dilengkapi dengan speaker stereo ganda yang ditingkatkan oleh Dolby Atmos.

Ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dengan kecepatan 3,36GHz, Samsung Galaxy Z Flip 5 menyediakan RAM hingga 8GB dan pilihan penyimpanan internal 256GB dan 512GB.

Ponsel ini menggunakan baterai 3.700mAh dengan dukungan pengisian cepat 25W dan pengisian nirkabel. Perangkat ini berjalan di antarmuka Samsung UI berbasis Android 13.

Konektivitas pada Samsung Galaxy Z Flip 5 mencakup port USB-C, WiFi-6E, Bluetooth 5.3, NFC, 5G, dan 4G.

Ponsel ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Pemesanan ponsel lipat ini sudah bisa dilakukan dan penjualan resmi akan dimulai pada tanggal 11 Agustus. Samsung Galaxy Z Flip 5 dibanderol mulai dari 999 dollar AS (Rp15 juta).

Baca juga: Samsung diprediksi jual Samsung Galaxy Z Flip5 dan Fold5 lebih tinggi

Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Galaxy Z Fold 5 hadir dengan beberapa peningkatan dibanding Galaxy Z Fold 4, termasuk engsel baru yang memungkinkan lipatan ponsel menjadi lebih rapat. Chip Snapdragon 8 Gen 2 dari seri S23 flagship juga telah digunakan dalam ponsel ini.

Galaxy Z Fold 5 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, termasuk modul kamera belakang dan perlindungan dari air dan debu yang sama (IPX8). Yang membedakan adalah engsel baru yang memungkinkan ponsel tertutup rapat dan dapat digunakan pada berbagai sudut.

Ponsel ini juga lebih tipis dan ringan dibandingkan Galaxy Z Fold 4. Ketebalan Z Fold 5 adalah 13,4 mm ketika tertutup, sedangkan Fold 4 memiliki ketebalan 14,2 mm. Selain itu, ponsel ini juga lebih ringan 10 gram dibandingkan Z Fold 4 yang memiliki berat 263 gram.

Tampilan layar pada Galaxy Z Fold 5 tidak mengalami perubahan besar. Layar luar memiliki ukuran 6,2 inci dengan resolusi 2316x904px dan adaptive refresh rate 120Hz. Di dalam, terdapat layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi 2176x1812px dan refresh rate yang sama.

Galaxy Z Fold 5 didukung oleh Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, dengan RAM 12 GB dan pilihan penyimpanan 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Sektor kamera Galaxy Z Fold 5 tetap sama dengan model sebelumnya.Di bagian belakang terdapat kamera utama 50 MP, sensor wide-angle 50 MP, dan kamera zoom 10 MP. Sementara itu, pada layar cover terdapat kamera selfie 10 MP, dan di bawah layar di bagian dalam terdapat kamera tersembunyi dengan resolusi 4 MP.

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 4.400mAh dan mendukung pengisian daya kabel 25W serta nirkabel 15W. Menawarkan sejumlah fitur baru seperti taskbar yang didesain ulang, fitur drag-and-drop dua tangan, serta S Pen yang lebih ramping dari sebelumnya.

Mulai hari ini, Samsung Galaxy Z Fold 5 sudah dapat dipesan di beberapa pasar, dan pengiriman akan dimulai pada tanggal 11 Agustus. Ponsel ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Icy Blue, Phantom Black, dan Cream. Berbicara mengenai harga, Galaxy Z Fold 5 ditawarkan dengan harga mulai dari 1.799 dollar AS (Rp27 juta).

Baca juga: Ini tiga keunggulan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Series

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button