Daerah

Sebanyak 6.266 warga di Kapuas tercatat telah aktifkan aplikasi IKD – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sipie S Bungai menyatakan bahwa tercatat sebanyak 6.266 warga di wilayah ini yang telah mengaktifkan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Jumlah itu setelah kami gencar melakukan pengaktifan di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) atau instansi yang ada di daerah ini,” kata Sipie S Bungai, di Kuala Kapuas, Kamis (7/12).

Dikatakan, untuk melakukan aktivasi IKD dapat menginstal terlebih dahulu Aplikasi IKD di smartphone android masing-masing melalui playstore. Kemudian, nantinya akan dilakukan verifikasi atau dilakukan scan barcode oleh petugas di kantor Disdukcapil hingga IKD dapat diaktifkan.

Untuk itu, Disdukcapil Kapuas akan terus melakukan aktivasi IKD di tahun 2024. Untuk tahun depan memang target dari pusat itu secara nasional itu 25 persen dari jumlah wajib KTP di daerah setempat sudah melakukan aktivasi IKD.

“Kalau dihitung-hitung 25 persen itu dari jumlah wajib KTP kita 300 ribu lebih itu, maka sekitar 70 ribu yang akan diaktivasi. Itu tugas kami 2024 nanti menyelesaikan itu,” kata Sipie S Bungai.

Dalam mencapai target tersebut memang tidak diwajibkan harus selesai sampai kapan saja. Terpenting pekerjaan tetap jalan. Sebab, ini sebagai upaya mengurangi pencetakan KTP yang hilang.

“Sekaligus menjawab tantangan yang selama ini teman-teman yang pulang dari luar daerah KTP hilang atau ketinggalan apa segalanya,” terangnya.

Baca juga: Dinas PMD Kapuas siapkan insentif bagi kader Posyandu Desa

Plt Kepala Disdukcapil Kapuas itu pun menegaskan bahwa dengan melakukan aktivasi IKD ini terdapat beberapa manfaat yang didapatkan, diantaranya mempermudah tanpa harus membawa KTP-el fisik, mempermudah pengaksesan pelayanan publik serta mempermudah mengakses data anggota keluarga. 

“Segera aktivasi Identitas Kependudukan Digital bersama Disdukcapil Kabupaten Kapuas, kita siap memberikan pelayanan,” demikian Sipie.

Baca juga: DPRD Kapuas inginkan RAPBD 2024 dapat menyentuh masyarakat

Baca juga: Sekda Kapuas: Momen Natal dimaknai membawa kebaikan bagi seluruh umat

Baca juga: Pemkab Kapuas optimalkan akselerasi SLRT Puskesos untuk tiga kecamatan




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button