Hukum

Satgas Damai Cartenz tangkap anggota KKB pimpinan Egianus Kogoya


Jayapura (ANTARA) – Satgas Damai Cartenz, Selasa (19/9) menangkap “E.T” alias “L.D” alias “ALTAU” (27), anggota KKB yang merupakan anak buah Egianus Kogoya.

“E.T” alias “L.D” alias “ALTAU” (27) ditangkap di sekitar RSUD Nabire, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah, kata Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol. Faizal Rahmadani, dihubungi di Jayapura, Kamis.

Dijelaskan dari data yang terungkap E.T alias L.D alias ALTAU terlibat dalam beberapa aksi penyerangan, yaitu tanggal 17 Maret 2019, penyerangan terhadap anggota TNI di Kindibam dan berhasil merampas pucuk senjata api laras panjang milik TNI, tanggal 16 Juli 2022, penyerangan terhadap masyarakat sipil di Kampung Nogolaid dan Kampung Yosoma Kenyam yang mengakibatkan 11 masyarakat meninggal dan dua luka-luka.

Tanggal 19 Juli 2022, kontak tembak dengan aparat keamanan di kampung Nogolaid Distrik Kenyam, tanggal 25 Juli 2022, terlibat dalam penghadangan masyarakat dan merampas HP di jalan Poros Kenyam – Batas Batu, Distrik Kerepkuri, tanggal 4 Agustus 2022, terlibat dalam pembakaran alat berat milik PT Tunas Jaya Irian yang mengakibatkan empat alat berat rusak dan tanggal 6 Januari 2023 terlibat penembakan/penyerangan terhadap Pos Kotis Brimob Satgas Damai Cartenz di Koteka, jelas Faizal.

Baca juga: Kapolda Papua:Personel Satgas Damai Cartenz akan perkuat Polsek Homeyo

Baca juga: Satgas Damai Cartenz : Tidak ada warga Pegunungan Bintang mengungsi

Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu menambahkan, satgas Damai Cartenz akan terus melakukan upaya pengembangan dan penegakan hukum terhadap kelompok KKB .

“Kami akan terus melakukan upaya pengejaran, penangkapan dan penegakan hukum terhadap KKB demi terjaga-nya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua,” tegas Bayu.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button