Otomotif

5 Mobil Populer yang Dikabarkan Dihentikan Produksinya di 2023 : Okezone Otomotif

INDUSTRI otomotif tidak selalu melihat kemunculan model-model mobil baru, terkadang beberapa model mobil harus mengucap selamat tinggal. Tahun 2023 menjadi saksi perpisahan dengan beberapa mobil ikonik yang telah menyertai perjalanan dunia otomotif selama beberapa dekade terakhir.

Penurunan penjualan dan pembaharuan Electronic Vehicle atau mobil listrik menjadi alasan utama produsen otomotif dalam mengambil keputusan ini. Berikut adalah deretan mobil yang telah diputuskan untuk dihentikan produksinya di Inggris dan harus mengucap selamat tinggal dari pasar otomotif di tahun 2023, Dilansir dari berbagai sumber, Jum’at (5/1/2024).


Inilah kelima jenis mobil yang telah memberikan pengaruh besar dalam sejarah otomotif akhirnya memasuki akhir perjalanan mereka, meninggalkan jejak kenangan di hati para penggemar setianya.

1. Ford Fiesta

Ford Fiesta, mobil yang mencatatkan rekor sebagai kendaraan paling dimiliki dan terlaris di Britania, menghadapi akhir perjalanan pada tahun 2023. Pada tanggal 7 Juli 2023, Ford mengumumkan bahwa Fiesta Ford sudah tidak diproduksi kembali di pabrik perakitan di Cologne, Jerman, ini menandai akhir dari sebuah legenda era modern, terutama di Inggris.

Sejak debutnya pada tahun 1976, lebih dari 22 juta unit Fiesta telah terjual di seluruh dunia, dengan hampir 5 juta unit dibeli oleh konsumen di Inggris dan sekitar 1,5 juta masih digunakan konsumen saat ini.

Keputusan untuk mengakhiri produksi ini sejalan dengan langkah perusahaan AS yang saat ini memasuki fase berikutnya dari transisi ke kendaraan listrik (EV).

Pada pertengahan 2026, para pimpinan menargetkan bisa wafat setiap Ford di showroom di Inggris dan seluruh Eropa menjadi kendaraan listrik penuh atau plug-in hybrid. Dengan demikian, perjalanan panjang Ford Fiesta yang legendaris kini berakhir, membawa penggemar setianya ke era baru kendaraan listrik Ford di masa depan.

2. AUDI R8

Supercar Audi R8, mobil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007 ini sudah digemari oleh para konsumen sejak 16 tahun terakhir melalui dua generasi yang memikat banyak penggemar.Memiliki desain yang unik, dengan gaya yang lebih sederhana dibanding dengan pesaingnya yaitu Lamborghini dan Ferrari sejenisnya, serta ditambah dengan harga yang lebih terjangkau, menjadikannya sangat populer di pasaran.

Namun, pada tahun 2022, pabrikan asal Jerman ini mengonfirmasi bahwa produksi Audi R8 akan berakhir pada tahun berikutnya sebagai bagian dari peralihan besar-besaran menuju mobil listrik.

Keputusan ini tidak mengejutkan mengingat mesin kinerja mobil ini menggunakan mesin V10 yang menghasilkan emisi besar-besaran hingga akhir siklus hidupnya. Edisi terakhir dari AUDI R8 yaitu, R8 GT RWD menjadi koleksi terakhir dari supercar dua kursi ini.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Mobil ini keluar dengan gaya sebagai model Audi yang paling bertenaga dengan penggerak roda belakang, membawa tenaga sebesar 612bhp dari mesin 5.2 liter yang sama dengan yang digunakan oleh Lamborghini Huracan. Selain itu, mobil ini juga menjadi mobil produksi termahal dari Audi, dengan harga mencapai sekitar £200.000.

3. Jaguar Type-F

Jaguar mengonfirmasi rencananya untuk menarik F-Type, mobil sport ikonik mereka, dari lini produk dalam beberapa bulan ke depan. F-Type, yang telah berhasil menjual mobil sport dua kursi yang ramping ini baik dalam bentuk konvertibel maupun coupe selama satu dekade.

Mereka memberikan isyarat akhir bagi perjalanan indah mobil dua kursi ini dengan merilis beberapa edisi khusus F-Type hingga akhir tahun, seperti F-Type 75 dan 75 R, sebagai penghormatan 75 tahun mobil sport dengan lambang kucing melompat.

Penghentian F-Type menandai akhir dari era mobil sport bermesin bensin Jaguar yang telah melibatkan sejarah panjang, dimulai dari XK120 dan termasuk dalamnya ‘mobil paling cantik yang pernah dibuat’ – E-Type.

Bukan hanya F-Type yang akan menghilang dalam beberapa bulan mendatang, setiap model dalam lini produk Jaguar saat ini akan dihentikan produksinya karena Jaguar Land Rover (JLR) memulai perjalanan untuk menjadikan Jaguar sebagai produsen mobil premium eksklusif berbasis listrik mulai tahun 2025.

4. VOLKSWAGEN UP

Pada bulan Oktober 2022, pabrikan otomotif asal Jerman Volkswagen, mengonfirmasi penghentian produksi mobil baru terkecil dan termurahnya pada akhir tahun 2023, yaitu VW UP. VW UP, mobil dengan model termurah dalam jajaran produknya, secara resmi dihentikan setelah 12 tahun berkiprah. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 dengan harga sedikit di bawah £8.500, UP tampil sebagai salah satu mobil termurah di Inggris.

Dijual dalam versi tiga atau lima pintu dan memiliki mesin bensin tiga silinder 1.0 liter yang hemat bahan bakar, UP adalah salah satu mobil baru paling murah untuk digunkaan dan diasuransikan, menjadikannya pilihan yang sangat populer untuk para konsumen muda.Keputusan ini menjadi contoh terbaru dari produsen otomotif yang menyatukan lini produk mereka menjelang peralihan ke kendaraan listrik (EV).

5. AUDI TT

Selain Audi R88, Audi TT yang juga merupakan salah satu mobil sport ikonik ini resmi dihentikan pada tahun 2023. Raksasa otomotif Jerman mengucapkan selamat tinggal pada mobil yang sangat populer ini dengan merilis edisi khusus sebagai bentuk penghormatan terakhir.

Mobil yang pertama kali meluncur pada tahun 1998 ini mengakhiri masa produksi setelah menjalani periode penjualan yang mengesankan selama 25 tahun. Audi TT berhasil menjadi salah satu mobil sport terjangkau paling dicari di Inggris dan banyak negara lainnya.

Inisiasi Audi TT dimulai saat pertama kali diperkenalkan kepada dunia pada Frankfurt Motor Show 1995 sebagai konsep revolusioner. Hanya tiga tahun setelahnya, bentuk ikonik dari prototip tersebut menjadi kenyataan, ketika Audi memutuskan untuk memproduksi TT dengan hanya sedikit perubahan kosmetik dari mobil konsep yang dipamerkan di Jerman.

Generasi pertama Audi TT, atau yang dikenal sebagai Mk1, hingga saat ini dianggap sebagai salah satu desain mobil paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir. Siluet uniknya dengan kurva bulat yang elegan, atap coupe yang miring, dan dasbor yang sangat sederhana membuatnya menjadi favorit di kalangan warga Inggris.

TT bukan hanya mobil sport, melainkan juga properti umum di video musik dari akhir tahun-90-an hingga 2000. Meski Audi TT berakhir, namun rencana elektrifikasi dari merek ini menjanjikan produk penggantinya dengan tenaga baterai di masa depan. (Muhamad Nurifan Anwar)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button