Teknologi

Review OPPO A79 5G: Performa Andal Berbalut Desain Estetik

Review OPPO A79 5G

tabloidpulsa.co.id – Menurut laporan firma riset smartphone kenamaan, Counterpoin dan Canalys, market smartphone mid-range di Indonesia tercatat masih menjadi yang terbesar dibanding kelas flagship.

Wajar jika sebagian besar produsen smartphone global membombardir pasar dengan rangkaian smartphone baru yang dibanderol di kelas harga Rp 3 jutaan. Contohnya OPPO yang baru-baru ini merilis A Series teranyarnya di Indonesia, yakni OPPO A79 5G yang akan tabloidpulsa.co.id review berikut ini.

Berbekal sejumlah peningkatan dan inovasi terbaru, OPPO A79 5G digadang-gadang akan menyatukan gaya, performa serta pengalaman menikmati konten hiburan yang tak tertandingi.

Harga: Rp 3.799.000
Pilihan Warna: Dazzling Purple dan Mystery Black
Paket Penjualan: Handset OPPO A79 5G, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram) 165.6 x 76 x 8 mm/ 193 gram
SIM & Jaringan Dual Nano SIM, 5G/4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS) ColorOS 13.1, berbasis Android 13
Supported storage eksternal Yes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen 6.72 inches, 109.0 cm2 (~86.6% screen-to-body ratio), 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~392 ppi density), IPS LCD, 90Hz, 680 nits (peak), Panda Glass
Prosesor/ CPU Mediatek Dimensity 6020 (7 nm); Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G57 MC2
RAM & Internal Storage 8 GB RAM/ 256 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depan Belakang Dual:
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF + 2 MP, f/2.4, (depth); LED flash, HDR, panorama
Video: 1080p@30fps

Depan Single:
8 MP, f/2.0, (wide), HDR
Video: 1080p@30fps

Baterai jenis (jenis) 5000 mAh Li-po (non-removable); Fast charging 33W

FITUR:

Removable battery Tidak Fingerprint Ya
Multitouch Ya Dual Kamera Depan Tidak
Dual SIM Ya Memory external Ya
3G HSDPA Ya Gyroscope Ya
4G LTE Ya Stereo Speaker Ya
5G Ya 4K video recording Tidak
NFC Ya Video player Ya
USB On-the-go Ya Music player Ya
GPS Ya 3.5 Audio Port Ya

PLUSMINUS

KELEBIHAN KEKURANGAN
Memori Besar + Extended RAM Layar Masih LTPS LCD
Baterai Besar dan Tahan Lama Hanya Tersedia Satu Varian Memori
33W SUPERVOOC Slot MicroSD menyatu dengan SIM Card
NFC  
IP54-rating  

Desain

Di A79 5G ini OPPO lagi-lagi membuktikan kepiawaiannya dalam meracik sebuah ponsel pintar, yang membuat decak kagum kala pertama kali melihat desainnya.

Di ponsel terbaru OPPO ini, aura mewah dan elegan terpancar dengan sangat jelas. Kebetulan, unit OPPO A79 5G yang tabloidpulsa.co.id review ini memiliki pulasan warna yang istimewa, Dazzling Purple.

Warna ungu menawan ini terlihat bercahaya dan menampilkan efek khusus yang sepintas terlihat seperti bulu burung, sekaligus menciptakan tampilan yang mewah layaknya berlian.

Selain warna ungu menawan ini, ada juga opsi warna yang lebih umum namun berkelas yakni Mystery Black.

Cover belakang yang memikat mengambil inspirasi dari jam mekanik, memamerkan desain dial mewah di area kamera belakang, lengkap dengan tekstur reflektif dalam zona dekoratif panel oval.

Sentuhan khas ini menambahkan lapisan kedalaman, menciptakan efek 3D yang menawan yang bermain dengan cahaya dan bayangan saat dilihat dari berbagai sudut.

Soal kenyamanan, ponsel pintar ini hadir dengan dimensi yang tergolong nyaman digenggaman tangan. Selain ringan, bodi berbahan plastiknya juga memiliki ketebalan yang cukup tipis untuk ukuran smartphone masa kini, yaitu hanya sekitar 7,99 mm untuk versi warna hitam dan 8,04 mm untuk varian ungu.

Perbedaan ketebalan bodi belakang ini dipengaruhi oleh teknik pelapisan cover khusus di varian warna ungu yang terbilang lebih kompleks, termasuk menghadirkan efek kaca untuk mempercantik tampilannya.

Di bagian depan, OPPO A79 5G memiliki area layar yang terbilang cukup lega. Model layarnya sudah kekinian, dengan konsep punch hole alias memiliki lubang khusus untuk meletakan kamera selfie di bagian atas.

Meski masih terlihat memiliki area bezel yang sangat jelas terlihat, namun ukuran tebal bezel yang mengelilingi layar juga sudah cukup tipis dan tidak mengganggu area pandangan.

Seperti A Series OPPO sebelumnya, A79 5G pun telah dibekali dengan sertifikasi IP54 yang berarti perangkat ini tahan terhadap cipratan air dan debu dalam kondisi normal. Anda yang tengah berjalan di bawah gerimis, tidak perlu risau akan daya tahan perangkat ini.

Selain itu, OPPO A79 5G juga telah lolos serangkaian uji ketahanan di lab kualitas global OPPO loh.

Masih terkait desain. OPPO A79 5G memposisikan tombol volume dan lock screen/power di sisi kanan tampilan layar. Untuk tombol power, juga berfungsi ganda sebagai panel sensor sidik jari (fingerprint) yang memiliki tingkat sensitifitas cukup baik dalam mengenali data sidik jari yang didaftarkan.

Saat diuji coba di review OPPO A79 5G ini, sensor sidik jari dapat membuka layar dengan cepat dan tanpa kendala.

Di sebelah kiri, ada tempat SIM Card dan kartu microSD. Sayang, hanya tersedia dua slot saja, satu untuk kartu SIM dan satu lagi untuk kartu microSD atau kartu SIM.

Artinya, di slot kedua ini pilihannya jika Anda ingin menggunakannya sebagai slot SIM card, maka tidak bisa menambahkan kartu microSD dan begitu sebaliknya.

Untuk sisi bawah, OPPO A79 5G meletakan lubang audio jack 3,5mm, mikrofon, USB-C dan corong speaker. Menariknya, smartphone ini ternyata mendukung stereo speaker dengan lubang audio satu lagi berada di bagian earpiece.

Layar

OPPO A79 5G memiliki karakteristik layar yang hampir sama persis dengan OPPO A58. Mulai dari ukuran layar sebesar 6,72 inci dengan jenis IPS LCD FHD+ hingga tingkat kecerahan layar yang mencapai 680 nits.

Layarnya juga sudah mendukung 100% DCI-P3 gamut warna. Sangat nyaman saat menampilkan konten video, atau Ketika bermain game.

Poin plusnya, layar OPPO A79 5G sudah mendukung tingkat refresh rate yang lebih tinggi yakni mencapai 90Hz. Otomatis, aksi telusur aplikasi serta menggeser-geser menu di layar jadi lebih mulus dan lancar ketimbang milik OPPO A58.

OPPO menyebut layar A79 5G ini dengan istilah sunlight display, bukan tanpa sebab sih. Ini menunjukan kemampuan layar A79 5G yang tetap mampu menampilkan teks, foto maupun untuk membaca dengan baik meski digunakan langsung di bawah sinar matahari.

Tapi tentunya Anda harus mengoptimalkan pengaturan tingkat kecerahan layar supaya di lebih maksimal lagi. Anda juga bisa mempersonalisasikan tampilan layar dengan sejumlah pengaturan tambahan yang dihadirkan berkat dukungan antarmuka ColorOS 13.1 berbasis Android 13.

Mulai dari dukungan Dark Mode, pengaturan screen color mode, pilihan ukuran fontasi, setting wallpaper, theme dan sebagainya.

Layar perangkat ini juga sudah mendukung teknologi ramah mata dengan menjejalkan mode Eye Comfort loh.

Oiya satu lagi, berdasarkan data teknis, layar perangkat ini diklaim sudah mendukung lapisan pelindung anti baret khusus untuk melindunginya dari benda tajam. Tapi sebaiknya jangan disengaja untuk dibaret-baretin ya.

Kamera

Di sektor ini, tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dibanding OPPO A58. Sama-sama mengusung dua kamera di bagian belakang dengan spesifikasi dan kemampuan yang juga sama.

Detailnya, kamera utama 50MP dengan bukaan lensa f/1.8 dan mendukung Autofocus. Sementara kamera kedua adalah untuk bokeh dengan kekuatan 2MP.

Untuk mendukung optimalisasi kemampuan kamera OPPO juga menjejalkannya dengan kecerdasan buatan (AI) yang kabarnya telah mendapatkan peningkatan.

Jepretan fotonya mampu menghasilkan gambar yang tajam dengan detail akurat dan warna yang jernih, untuk di kondisi dengan pencahayaan yang melimpah. Sebagai smartphone kelas entry-level yang ditingkatkan, hasil foto A79 5G sudah cukup bisa dibanggakan dan bisa langsung di bagikan ke media sosial.

Untuk yang suka foto selfie maupun portrait, bisa juga memanfaatkan kamera belakang maupun kamera depan 8MP untuk hasil yang keren. Untuk kebutuhan ini, A79 5G menyertakan fitur AI Portrait Retouching dan Selfie HDR.

Tidak ketinggalan, penggemar video pendek bisa juga loh memanfaatkan kamera OPPO A79 5G untuk membuat video beresolusi FHD 1080p di 30 fps, yang cocok dijadikan konten TikTok atau story Instagram.

Berikut ini beberapa contoh hasil jepretan kamera di review OPPO A79 5G.

Performa

OPPO A79 5G hadir dengan dukungan chipset MediaTek terbaru untuk kelas mid-end yakni Dimensity 6020, yang setingkat diatas milik OPPO A58 Helio G85. Dapur pacu A79 5G ini dibangun dengan pabrikasi 7nm Octa-core, yang tersusun atas 2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55 dan dikombinasikan dengan grafis Mali-G57 MC2.

Smartphone ini disokong kapasitas memori yang tergolong besar. Berdasarkan data teknis, unit yang kami uji membawa RAM 8GB dengan storage 256GB. Serupa smartphone kekinian, OPPO A79 5G pun dilengkapi fitur RAM Expansion dengan pilihan hingga 8GB. Lewat fitur ini, OPPO A79 5G jadi memiliki RAM hingga 16GB.

Sedangkan untuk penyimpanan file, pun bisa diperluas menggunakan kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 1TB.

Secara umum, jeroan yang diusung OPPO A79 5G bisa dengan leluasa menjalankan semua fungsi termasuk multitasking tanpa kendala berarti. Kami juga membuktikan kinerjanya dengan memainkan beberapa game favorit semacam AoV, Free Fire, PUBG Mobile serta Mobile Legends dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Untuk pengaturan game sendiri rata-rata bisa diset ke tingkat paling maksimal alias rata kanan, contohnya di Mobile Legends dan Free Fire.

Sepanjang pengujian, kondisi perangkat memang cenderung mengalami peningkatan panas saat memainkan game dengan durasi yang panjang. Namun menurut kami, hal tersebut masih terbilang normal dan biasa.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aksi menikmati konten multimedia termasuk game di perangkat ini jadi lebih optimal berkat dukungan stereo speaker. Menawarkan volume hingga 86% lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, speaker ini menghadirkan kualitas suara surround stereo yang lebih jernih dan detail.

Dilengkapi algoritma khusus, speaker ganda ini memiliki fitur pengurang kebisingan dan dioptimalkan untuk dapat meredam gema, sehingga panggilan telepon terdengar lebih jelas dalam kondisi apa pun.

Mode ultra volume yang ditingkatkan pada OPPO A79 5G dapat memaksimalkan keluaran suara speaker hingga 300%, memungkinkan pengguna menikmati lagu favorit sekaligus tidak melewatkan panggilan telepon saat berada di lingkungan paling bising sekalipun.

Saat menggunakan earpiece, Mode ultra volume menawarkan opsi peningkatan volume hingga 200% tanpa mempengaruhi kualitas audio untuk panggilan telepon atau panggilan suara pada aplikasi WhatsApp dan Messenger.

Bagi yang masih penasaran dengan performa smartphone ini, bisa juga melihat hasil benchmark dari review OPPO A79 5G menggunakan beberapa aplikasi seperti yang tertampil di bawah ini:

Oiya satu lagi yagn tidak kalah pentingnya, OPPO A79 5G ternyata sudah dibekali NFC loh. Jadi, untuk para Ofans yang biasa menggunakan kartu e-money untuk transaksi di KRL, MRT, Transjakarta atau bayar TOL bisa loh memanfaatkan teknologi ini untuk mengecek e-money dan top-up saldo.

Baterai

OPPO A79 5G didukung baterai berkapasitas 5000 mAh yang diklaim sanggup menyediakan waktu penggunaan sepanjang hari.

Seperti hasil uji lab OPPO, baterai perangkat ini bisa menyediakan waktu 448 jam standby, 26 jam telpon, 14 jam nonton video YouTube dan 6 jam main PUBG Mobile dalam sekali pengisian penuh.

Poin plusnya, OPPO A79 5G didukung teknologi pengisian daya 33W SUPERVOOC yang memungkinkan Anda mengisi daya baterai dengan cepat, sehingga Anda dapat kembali menggunakan ponsel dalam waktu singkat.

Dengan adanya fitur 33W SUPERVOOC, pengisian daya baterai OPPO A79 5G dari 0% ke 11% hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit. Kami menguji pengisian daya dari posisi 0% ke 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 75 menit.

Kesimpulan

OPPO A79 5G merupakan pilihan tepat bagi pengguna yang mencari smartphone stylish dengan performa tangguh, baterai awet, dan kamera berkualitas tinggi. Smartphone ini menawarkan kombinasi fitur yang lengkap dengan harga yang kompetitif.

Peningkatan di performa, dukungan layar dengan refresh rate tinggi, fitur NFC serta speaker stereo yang memiliki kemampuan super keren lewat Mode Volume Ultra yang mampu meningkatkan dentuman speaker hingga 300%, menurut kami jadi poin penting yang patut untuk dipertimbangkan.

Untuk yang tertarik, OPPO A79 5G sudah bisa didapatkan baik secara daring maupun luring dengan banderolan harga Rp 3.799.000.


Cek berita teknologi terkini, review gadget, rekomendasi ponsel, tips & trick, tren lifestyle dan video tabloidpulsa.co.id di Google News.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button