Otomotif

Redam Silau, Seberapa Pengaruh Penggunaan Kaca Film pada Rotator Mobil Dinas Polisi? : Okezone Otomotif

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajarannya melapisi lampu rotator belakang kendaraan dinas menggunakan kaca film 20% guna meredam silau. Apakah aturan tersebut berpengaruh?

Presiden Direktur PT Global Auto International selaku distributor kaca film, Andi Setiawan, menilai penggunaan kaca film sebenarnya bisa membantu untuk meredam silau pada rotator. Syaratnya, tingkat kegelapannya tinggi.


Andi menyebut pengunaan kaca film 20% seperti yang diinstruksikan Kapolri tidak benar-benar bisa meredam silau, hanya sedikit berpengaruh. Ia mengatakan untuk bisa mereduksi cahaya secara maksimal harus menggunakan kaca film 60%.

“Saya pikir pengaruh meredam silau dengan dipasang kaca film. 20% enggak pengaruh, 60% baru pengaruh,” kata Andi saat dijumpai pada Rabu (17/1/2024).

Ia menyebutkan, pemasangan kaca film pada rotator harus dilakukan dengan sangat teliti jika ingin kaca film bisa tahan lama. Hal itu mengingat karakteristik rotator berbeda dengan kaca mobil.

“Nutupnya enggak gampang karena bukan kaca, dia itu mika. Mungkin tingkat untuk kekuatannya juga tidak seperti di kaca karena posisi dia itu di luar, rentan rusak. Kalau pemasangannya asal, sebulan juga rusak,” ujar Andi.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagaimana diketahui, perintah penggunaan kaca film pada rotator dikeluarkan Kapolri melalui Surat Telegram (ST) Nomor ST/2869/XII/REN.2.2/2023.

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kritikan yang disampaikan seniman Sujiwo Tejo terkait lampu warna biru pada kendaraan dinas polisi yang mengganggu penglihatan pengguna kendaraan lain saat berlalu lintas di jalan raya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button