Otomotif

Ramah Lingkungan, Sepeda Listrik Dilengkapi IoT Disiagakan : Okezone Otomotif

JAKARTA – Polusi udara menjadi masalah lingkungan yang mendesak. Salah satu upaya untuk menanggulangi dan menjaga keberlangsungan alam adalah dengan menurunkan emisi maupu net zero emission yang ditargetkan tercapai pada 2060. Kendaraan ramah lingkungan menjadi solusi.

Paramount Gading Serpong dan Summarecon Serpong bekerja sama dengan perusahaan mobilitas mikro di Asia Pasifik, Beam Mobility, menghadirkan layanan kendaraan ramah lingkungan Ride Sharing E-Bike. Kerja sama ini dimulai pada April 2024 dengan menyediakan 700 unit armada ride sharing sepeda listrik yang tersebar di 134 spot parkir di area hunian dan komersial di kawasan Serpong.

Armada ramah lingkungan Beam bisa menjadi salah satu alternatif transportasi berkelanjutan yang nyaman, aman, menyenangkan dan zero pollution. Selain itu armada Beam bisa menjadi feeder bagi para commuter untuk melakukan perjalanan dari rumah-transportasi umum-kantor dan sebaliknya.

Seluruh armada Beam Mobility dilengkapi teknologi IoT (internet of things) yang disebut Geofence. Teknologi ini memungkinkan Beam Mobility memonitor kondisi kendaraan secara real-time, memberi batasan untuk wilayah ataupun area yang bisa dilewati setiap pengendara e-bike Beam, serta secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan pada kendaraan Beam. Teknologi Geofence juga digunakan untuk mendeteksi ketika armada membutuhkan pergantian baterai.

Armada Beam Mobility memiliki kecepatan maksimal 25 km/jam. Beam Mobility memastikan armadanya dapat diakses penggunanya. Setiap armada dilengkapi petunjuk penggunaan dan keselamatan dalam berkendara.

“Sejalan dengan komitmen Paramount Land dalam pengelolaan kota yang berkesinambungan sesuai dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) melalui armada ramah lingkungan. Paramount Gading Serpong bekerjasama dengan Beam Mobility memberikan akses alternatif bagi kebutuhan penghuni maupun tenant untuk mobilisasi ke fasilitas kota yang ada di Gading Serpong seperti hospital, area komersial, hotel, restoran, sekolah, universitas, pasar modern, dan fasilitas lifestyle lainnya,” kata Presiden Direktur Paramount Land, M Nawawi, dalam keterangannya, Sabtu (6/4/2024).




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Terdapat sebanyak 350 armada yang dapat digunakan. Armada ini dapat menjadi salah satu alternatif kendaraan ramah lingkungan, sehat, aman, nyaman dan minim polusi.

“Kehadiran kendaraan Ramah Lingkungan dari Beam Mobility tentunya akan semakin mendukung upaya keberlanjutan yang dijalankan dan mendukung komitmen kami dalam menciptakan sebuah kawasan terpadu yang modern dan berwawasan lingkungan,” ujar Executive Director Summarecon Serpong, Magdalena Juliati.

Country Lead Beam Mobility Indonesia Ricky Sjofyan menjelaskan pihaknya berkomitmen membantu pemerintah dalam menekan emisi CO2. Meskipun upayanya masih langkah kecil, pihaknya percaya akan berdampak besar bila semua pihak ikut berpartisipasi.

“Menurut catatan sistem Beam Mobility, sepanjang tahun 2023 terdapat 238-ton CO2 yang berhasil dikurangi jika dibandingkan dengan emisi CO2 yang dihasilkan oleh unit sepeda motor. Data ini kami peroleh melalui perhitungan salah satu fungsi dari sistem kami secara real time di 7 area,” ujarnya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button