Hukum

Polri kerahkan 8 satgas amankan KTT Ke-43 ASEAN


Jakarta (ANTARA) – Polri menyiapkan rencana operasi terpusat untuk pengamanan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta, salah satu rencana aksinya adalah mengerahkan delapan satuan tugas (satgas).

“Standar pengamanan kegiatan seperti KTT ini sudah baku. Kami siapkan rencana operasi terpusat untuk Polri, dipimpin oleh Kabaharkam dan dibantu delapan satgas,” kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol. Verdianto I. Bitticaca dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9): Road to ASEAN Summit 2023 yang mengangkat tema Pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, Jumat.

Verdianto menyebut kedelapan satgas tersebut, yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Tindak, Satgas Rolakir, Satgas Humas, Satgas Banops, Satgas Gakkum, dan Satgas Anti Teror.

Menurut Verdianto, rencana operasi tersebut telah disusun berdasarkan pengalaman pengamanan KTT G20 di Bali dan KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Dikatakan pula bahwa rencana operasi terpusat tersebut telah disusun dengan libatkan berbagai unsur, termasuk TNI, serta Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Rencana operasi tersebut akan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pasca-pelaksanaan.

Pada tahap persiapan, Polri akan melakukan berbagai kegiatan, mulai dari koordinasi dengan TNI dan instansi terkait lainnya, pemetaan ancaman, pengadaan peralatan dan perlengkapan, hingga pelatihan personel.

Pada tahap pelaksanaan, Polri akan mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan KTT Ke-43 ASEAN. Personel Polri yang terlibat dalam pengamanan tersebut berjumlah 6.182 orang, yang akan ditempatkan di berbagai titik strategis di Jakarta dan dua daerah penyangga.

“Personel yang kami libatkan dalam Operasi Tri Brata Jaya, sebanyak 6.182 personel. Di seluruh DKI dan dua daerah penyangga, di Jabar dan Banten,” kata Verdianto

Sama seperti TNI, Polri juga akan menggunakan berbagai alutsista untuk mendukung pengamanan KTT Ke-43 ASEAN, mulai dari alutsista ringan hingga berat.

Baca juga: Panitia sediakan bus gratis ke lokasi KTT ASEAN untuk jurnalis

Baca juga: Sekjen puji Indonesia selenggarakan KTT Ke-42 ASEAN dengan baik

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button