Politik

Politik kemarin, dari Pleno terbuka hingga jumlah pelanggaran pemilu 


Jakarta (ANTARA) – Beragama peristiwa politik yang berkaitan dengan isu pemilihan umum (pemilu) skala nasional terjadi pada Selasa (27/2/2024).

Dari mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pleno terbuka penghitungan suara luar negeri hingga jumlah laporan pelanggaran pemilu.

Berikut pilihan berita menarik yang telah dirangkum ANTARA:

1. Besok, KPU gelar pleno terbuka hasil penghitungan suara luar negeri

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia dijadwalkan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di luar negeri pada Rabu (28/2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan di Jakarta, Selasa, mengatakan rapat tersebut akan dimulai pukul 09.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta

Baca di sini

2. KPU sudah koreksi data anomali Pilpres 2024 di 154.541 TPS

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah mengoreksi data anomali perolehan suara Pilpres 2024 di 154.541 tempat pemungutan suara (TPS).

Adapun data anomali itu merupakan angka perolehan suara di dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang tidak sesuai dengan Formulir Model C1-Plano atau catatan hasil penghitungan suara Pemilu 2024.

Baca di sini

3. Simak! Inilah jadwal dan tahapan Pilkada 2024

Jakarta (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengeluarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota Tahun 2024.

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat mengungkapkan bahwa pendaftaran pemantau pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sudah dimulai pada hari ini, Selasa.

Baca di sini

4. Bawaslu Sumut lakukan pendistribusian honor pengawas TPS Pemilu 2024

Medan (ANTARA) – Badan Pengawas Pemilu Sumatera Utara tengah melakukan pendistribusian honor pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang telah melaksanakan tugas pada Pemilihan Umum 2024 di wilayah setempat.

“Sebagian sudah dibayarkan, sebagian belum, untuk jumlahnya belum ditotalkan. kami tengah memprosesnya,” ujar Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi Bawaslu Sumut Saut Boangmanalu, di Medan, Selasa.

Baca di sini

5.Bawaslu RI terima 1.271 laporan dugaan pelanggaran pemilu 2024

Jakarta (ANTARA) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengungkapkan bahwa lembaganya menerima 1.271 laporan dan 650 temuan dugaan pelanggaran selama tahapan pemilu 2024.

Bagja mengatakan bahwa data tersebut terakumulasi hingga 26 Februari 2024 dan terbagi menjadi berbagai jenis pelanggaran.

Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button