Gaya Hidup

Kanker serviks dominasi proporsi kasus kanker di Indonesia


Jakarta (ANTARA) – Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang menjadi fokus serius bagi pemerintah, terlebih berdasarkan data dari Indonesia Society of Gynecologic Oncology (INASGO) tahun 2022-2023 kanker serviks mendominasi proporsi kasus kanker yang sering dijumpai sekitar 62 persen.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Subspesialis Onkologi RS PELNI Yuri Feharsal mengatakan penanganan kanker serviks menjadi salah satu prioritas dalam upaya eliminasi kanker di Indonesia.

“Di Indonesia sendiri kanker serviks itu adalah kanker yang paling sering ditemukan dibandingkan dengan yang lainnya sekitar 62 persen kasus kanker reproduksi itu yang paling sering ditemukan adalah kanker serviks. Jadi ini merupakan kasus yang sangat banyak kanker serviks, tapi sayang nya di Indonesia itu datang saat hampir 70-80 persen itu sudah stadium lanjut,” ungkap Yuri dalam gelar wicara secara daring, Sabtu.

Baca juga: Perkembangan kanker serviks dapat dicegah

Baca juga: Deteksi dini kunci atasi kanker serviks

Membengkaknya biaya pengobatan kanker serviks, menurut Yuri dikarenakan pembedahan kanker serviks membutuhkan waktu yang cukup lama dan memakan banyak sumber daya, mulai dari alat-alat pembedahan hingga perawatan pascaoperasi.

Tidak hanya itu, pasien kanker serviks sering mengalami komplikasi jangka panjang, seperti masalah berkemih, yang memerlukan perawatan tambahan. Hal tersebut menyebabkan pengeluaran yang besar bagi negara, terutama untuk kasus kanker serviks stadium lanjut.

Meskipun kanker serviks adalah jenis kanker organ reproduksi yang paling umum di Indonesia, program pencegahan dan kesadaran masyarakat masih belum optimal.

Sebagian besar kasus kanker serviks di Indonesia terdeteksi pada stadium lanjut yang mempersulit proses pengobatan dan meningkatkan risiko kekambuhan.

“Pada umumnya tata laksana kanker serviks di stadium lanjut itu adalah radiasi dan kombinasi dengan kemoterapi. Nah dikarenakan memerlukan sebuah modalitas yang canggih tentu ini akan meningkatkan biaya pengobatan, sehingga menjadi suatu beban negara,” ujarnya.

Adapun, program pencegahan kanker serviks menjadi bagian dari rencana aksi nasional Kemenkes yang bertujuan untuk mempercepat eliminasi penyakit itu.

Program tersebut mencakup pilar-pilar seperti pencegahan, edukasi, evaluasi program, penelitian, dan pengelolaan kebijakan.

Salah satu langkah yang direncanakan adalah integrasi program pencegahan kanker serviks ke dalam program kesehatan masyarakat yang sudah ada.

Dengan upaya yang terkoordinasi dan konsisten, diharapkan penanganan kanker serviks dapat menjadi lebih efektif dan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kepala BKKBN: Pendidikan seks usia dini dapat cegah kanker serviks

Baca juga: HOGI: Prakanker serviks tak selalu ada keluhan, harus rutin skrining

 

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button