Teknologi

XL, 3 & Telkomsel Masuk dalam Daftar Teratas Opensignal Awards 2024

Selular.ID – Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis laporan analisis terbaru berjudul “Opensignal Global Mobile Network Experience Awards 2024”

Dalam laporan Penghargaan Global Opensignal yang kelima ini, Opensignal menganalisis perbedaan dalam keseluruhan pengalaman yang dilihat oleh pengguna Opensignal di berbagai operator di seluruh dunia (untuk memberikan informasi yang lebih baik kepada pengguna, operator, dan regulator) dan untuk merayakan upaya kolektif industri seluler dengan menyoroti dampak global dan regional.

Opensignal juga menyoroti operator-operator yang memiliki peningkatan terbesar dalam pengalaman seluler, mengidentifikasi mereka sebagai Global Rising Stars.

Tahun ini Opensignal melanjutkan pendekatan yang sama seperti yang mereka gunakan dalam Penghargaan Global 5G 2023, dengan membagi operator menjadi dua grup.

Grup I berisi operator dari pasar dengan luas lahan lebih dari 200.000 km2 sedangkan Grup II terdiri dari operator yang pasar dalam negerinya berada di bawah ambang batas tersebut.

Beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:

XL dan 3 masuk dalam daftar Global Leaders 2024 pada kategori Pengalaman Game Grup I: Pada kategori pengalaman game, Indonesia yang diwakili oleh XL dan 3 menjadi jajaran penyedia layanan operator seluler pemimpin global bersama dengan au dan SoftBank dari Jepang – Indonesia dan Jepang adalah satu-satunya negara di kawasan Asia yang masuk dalam kategori Pengalaman Game. XL mendapatkan skor 78.8 dan 3 tertinggal sedikit dengan skor 78.5. Sedangkan au dan SoftBank dari Jepang masing-masing memiliki skor 82.1 dan 81.8.

3 dan Telkomsel masuk dalam daftar Global Rising Star 2024 pada kategori Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah Grup I: Pada skala 120% dalam Pengalaman Kecepatan Unggah dan skala 400% untuk Pengalaman Kecepatan Unduh, 3 Indonesia mendapatkan skor 60.7% pada kategori Pengalaman Kecepatan Unduh dan 48.8% pada kategori Pengalaman Kecepatan Unggah. Sedangkan Telkomsel yang dari tahun ke tahun selalu berhasil mewakili Indonesia dalam hal kecepatan, saat ini miliki skor di bawah 3 (Tri) sebesar 47.6% pada Pengalaman Kecepatan Unduh dan 35.9% pada Pengalaman Kecepatan Unggah.

Di seluruh pasar Grup I, pengguna Rakuten Jepang mendapatkan pengalaman terbaik secara keseluruhan saat bermain game seluler multiplayer dan menggunakan aplikasi suara over-the-top: Salah satu pengguna Open RAN pertama di dunia, Rakuten, adalah Global Winners di Grup I untuk Pengalaman Game dan Pengalaman Aplikasi Suara. Saingan lokalnya, au dan SoftBank adalah Global Leaders untuk Pengalaman Game dan au juga mendapatkan pengakuan yang sama untuk Pengalaman Aplikasi Suara. Rakuten juga merupakan Global Leaders dalam Pengalaman Kecepatan Unggah, berada di posisi ketiga di belakang dua Global Winners Grup I — Telia dan Telenor dari Norwegia.

StarHub Singapura berbagi tempat pertama untuk Pengalaman Game di Grup II dengan SK telecom dan LG U+: Karena ikatan statistik tiga arah, StarHub, SK telecom, dan LG U+ menjadi Global Winners Grup II untuk Pengalaman Game. Selain itu, StarHub adalah salah satu dari enam Global Winners dalam grup ini untuk Pengalaman Video, yang lainnya adalah: 3 dari Denmark, TDC dan Telia; bersama dengan Vodafone dan T-Mobile dari Belanda.

Telenor Norwegia dan SK telekomunikasi Korea Selatan adalah operator tercepat tahun ini: Telenor Norwegia adalah satu-satunya Global Winners di Grup I untuk Pengalaman Kecepatan Unduh, sementara SK telecom mencapai hal yang sama di Grup II dengan kecepatan unduh rata-rata hampir 150Mbps. T-Mobile USA mengamankan tempat kedua di Grup I, dan KT mengikuti SK telecom di Grup II. Telenor Norwegia dan SK telecom juga merupakan Global Winners untuk Pengalaman Kecepatan Unggah, dengan SK telecom menang langsung di Grup II dan Telenor Norwegia secara statistik sama dengan Telia di Grup I.

5G mendorong peningkatan yang mengesankan dalam kecepatan pengunduhan secara keseluruhan di India dan Malaysia: Jio dan Airtel di India termasuk di antara 15 operator dengan persentase peningkatan Pengalaman Kecepatan Unduh terbesar dari tahun ke tahun antara H2 2022 dan H2 2023 di Grup I. Pengguna Jio memimpin dengan peningkatan kecepatan unduh rata-rata yang luar biasa sebesar 369,3%, yang disebabkan oleh peluncuran 5G pada bulan Oktober 2022. Demikian pula, keenam operator nasional Malaysia, yang meluncurkan 5G melalui Digital Nasional Berhad (DNB), merupakan Global Rising Stars untuk Pengalaman Kecepatan Unduh di Grup I. Maxis, yang terakhir meluncurkan 5G pada Agustus 2023, melihat peningkatan terkecil di antara keenamnya.

Telstra adalah Pemenang Regional Grup I untuk Pengalaman Kecepatan Unduh di Asia Timur & Pasifik: Pengguna Telstra Australia melihat rata-rata kecepatan pengunduhan keseluruhan tercepat di pasar Grup I Asia Timur & Pasifik — 57,6Mbps. Jio dari India meraih penghargaan yang sama di Asia Selatan, sementara T-Mobile USA dan Telcel dari Meksiko menduduki peringkat teratas di Grup I masing-masing untuk AS & Kanada dan Amerika Latin. Di Timur Tengah & Afrika Utara, pendatang baru Vodafone Oman menguasai Grup I.

Baca Juga: OpenSignal: Pengguna Indosat Ooredoo Paling Banyak Gunakan Kouta Internet


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button