Hukum

Polda Maluku kawal distribusi surat suara pemilu ke empat kabupaten


Ambon (ANTARA) – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan pengamanan dan pengawalan distribusi logistik Pemilu 2024 berupa surat suara DPR, DPRD Provinsi dan DPRD dari pelabuhan Terminal Peti Kemas Ambon, ke empat kabupaten di Maluku.

“Empat daerah itu yakni Kabupaten Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat (SBB) dan Maluku Tengah,” kata Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin, di Ambon, Sabtu.

Selain mengerahkan tim Satgas Operasi Mantap Brata Salawaku Polda Maluku, Kombes Asep juga mengaku telah berkoordinasi dengan para Kapolres/ta jajaran.

“Kita sudah komunikasikan dengan para Kapolres dan Ketua KPU kabupaten juga sudah siap menerima logistik ini di lokasi,” katanya.

Karo Ops berharap pelaksanaan distribusi logistik Pemilu tahap dua di Maluku bisa terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

Baca juga: KPU: Distribusi logistik Pemilu 2024 sudah lebih dari 90 persen

“Kita harapkan tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di lapangan. Kita juga akan tetap memonitor melalui aplikasi yang ada. Kebetulan, kami ada aplikasi sehingga bisa melihat pergerakan kapal, sudah sampai di mana,” katanya. 

Kombes Asep mengaku pengamanan logistik surat suara yang masuk sudah dilakukan sejak Jumat (1/12) malam.

“Tadi malam kita terima pukul 21.00 WIB. Logistik Pemilu yang kita terima ini isinya surat suara legislatif, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Ia mengaku pihaknya selanjutnya akan melakukan pengawalan surat-surat suara tersebut hingga tiba di daerah masing-masing.

“Nanti kita kawal dari pelabuhan sini sampai ke pelabuhan Liang dan Galala, termasuk saat menyeberang ke pelabuhan lain,” katanya. 

Baca juga: KPU RI: Desain surat suara Pilpres 2024 sudah disepakati paslon

Polda Maluku, lanjut Kombes Asep mengerahkan minimal dua anggota untuk melakukan pengawalan distribusi logistik pemilu ke setiap kabupaten/kota.

“Untuk personel pengawalan, nanti kita sesuaikan, tapi minimal dua orang kita kerahkan melakukan pengawalan dan pengamanan, nanti juga ada pengawalan dari polres setempat,” katanya.

Gunting pita

Proses pembongkaran kontainer ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU Maluku Samsul Rifan Kubangun, Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Saepudin, Kepala Kesbangpol Maluku Daniel Indey dan Ketua Bawaslu Maluku Subair.

Sementara itu, Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, mengaku optimis Pemilu 2024 di Maluku akan berjalan aman, lancar dan sukses.

“Melihat kebersamaan kita ini, kami optimis Pemilu 2024 di Maluku akan aman lancar dan sukses,” katanya.

Baca juga: KPU terkendala persiapan logistik di dua dapil karena sengketa

Menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu prosesi penerimaan perlengkapan logistik suara.

Samsul juga memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Polda Maluku, Bawaslu, Pemda Maluku dan instansi terkait lainnya yang sudah membantu KPU Maluku selama ini.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button