Daerah

PMI DAS Barito diminta rekrut banyak relawan – ANTARA News Kalimantan Tengah


Muara Teweh (ANTARA) – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Tengah, meminta PMI wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito, merekrut banyak relawan untuk mengoptimalkan peranan organisasi ini.  

“PMI di wilayah Barito diharapkan dapat merekrut banyak relawan. Relawannya bukan hanya dari kalangan PMR (Palang Merah Remaja), karena relawan PMR itu tidak bisa dimobilisasi, mereka hanya sebagai kaderisasi,” kata Sekretaris Umum PMI Kalteng Suprayitno di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Sabtu.

Permintaan itu disampaikan pada orientasi Kepalangmerahan Zona IV DAS Barito yang diikuti PMI Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Murung Raya dan Barito Utara selaku tuan rumah. 

Menurut dia, saat ini PMI wilayah DAS Barito sedangkan mengalami kekurangan relawan, kepengurusan itu tidak hanya ada pengurus tetapi tidak ada relawannya, karena pengalaman orang yang akan diturunkan akan terjun langsung ke lapangan adalah para relawan terlebih dahulu.

Untuk merekrut relawan PMI, kata dia, pihaknya dari provinsi akan siap membackup bersama PMI kabupaten/kota yang sudah memiliki relawan-relawan PMR dan KSR (Korp Sukarela). 

“Mari kita sama-sama mengoptimalkan kepengurusan ini dengan banyak melibatkan lebih banyak relawan, karena  kebencanaan relawan-relawan hanya akan dimobilisasi mereka untuk hadir bersama untuk memberikan pertolongan,” katanya.

Dia menegaskan, bahwa pembinaan zona IV di wilayah DAS Barito ini sangat penting.Di mana wilayah Barito pada tahun 2023 merupakan salah satu kader untuk sama-sama melakukan kolaborasi bersama PMI Provinsi Kalteng, dan ini merupakan salah satu tantangan bersama.

“Kami berharap dengan adanya pembinaan zonasi ini bisa menjadi pengingat kita bersama, bahwa organisasi ini besar karena kita, mati pun karena kita,” ujarnya.

Ketua PMI Barito Utara Syahmiludin A Surapati mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk orientasi kepalangmerahan ini sangat penting khususnya untuk PMI yang ada di DAS Barito ini. 

“Kami menganggap dengan adanya kegiatan orientasi ini bisa memberikan satu pemahaman bagi semua pengurus dan anggota PMI di DAS Barito tentang organisasi kepalangmerahan yang ada,” kata Syahmiludin yang juga Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara ini.

Hal ini juga, jelasnya, tidak terlepas dengan program kerja yang disusun oleh PMI Kalteng dan sangat sejalan dengan apa yang kami harapkan, bahwa pembinaan yang ada hendaknya lebih dilaksanakan secara langsung di lapangan.

“Jadi, dalam forum silaturahmi ini bisa kita kemanfaatan dan bisa kita berdiskusi antara pengurus, pengelola markas, tentang hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian kita bersama,” kata Syahmiludin.

Syahmiludin juga mengatakan bahwa, orientasi palang merah sangat penting dan wajib diikuti oleh seluruh anggota PMI, baik pengurus, staf maupun relawan, yang tujuannya untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang organisasi palang merah.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk lebih mengerti tentang prinsip dasa gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan serta, kesemestaan.

“Melalui kegiatan diharapkan menambah wawasan serta pengertian tentang kepalang merahan, semakin meningkat dan melalui ini PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan, harus mampu menyiapkan diri untuk memberikan informasi kekinian yang dapat mempermudah dan mempercepat layanan publik, baik informasi seputar bencana alam, penggalangan,” demikian Syahmiludin.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button