Daerah

PLN tampilkan platform digital terintegrasi layanan kendaraan listrik pada IIMS

Banjarbaru (ANTARA) – PT PLN (Persero) berinovasi mengembangkan kendaraan listrik atau “Electric Vehicle Digital Services” (EVDS) melalui super apps PLN Mobile sebagai platform digital untuk mengintegrasikan layanan kendaraan listrik di Tanah Air pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024
 

 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan tertulis Humas PT PLN UID Kalselteng di Banjarbaru menyebutkan, PLN Mobile tidak hanya sekadar sebuah aplikasi, tetapi juga sebagai tonggak sejarah dalam transformasi digitalisasi di Indonesia.

 

“PLN Mobile hadir sebagai pionir yang mengintegrasikan layanan kendaraan listrik secara end-to-end di Tanah Air dengan visi mendukung mobilitas ramah lingkungan,” ujar Darmawan.

 

Menurut Darmawan, PLN Mobile hadir sebagai solusi yang holistik dengan menggabungkan teknologi canggih dan keberlanjutan dalam satu platform dan Melalui layanan EVDS, memprioritaskan pelayanan kebutuhan pengguna EV supaya andai semakin banyak masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

 

Darmawan menuturkan, inovasi PLN Mobile tidak hanya mempermudah dalam transaksi soal pembelian token listrik, tetapi lebih dari itu, melalui layanan EVDS di PLN Mobile, PLN hadir membantu pelanggan dalam memenuhi segala kebutuhan kendaraan listrik.

 

“Seiring keputusan pemerintah yang memberikan insentif bagi pembelian kendaraan listrik, PLN merancang langkah inisiatif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan cara mengintegrasi semua sistem layanan pelanggan, baik pengguna maupun calon pengguna kendaraan listrik melalui PLN Mobile,” ucapnya.

Baca juga: PLN UID Kalselteng siapkan pasokan listrik berlapis sukseskan pemilu

 

Salah seorang pengunjung IIMS 2024 saat mencoba melakukan penukaran baterai motor listrik pada Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU) melalui fitur Electric Vehicle Digital Services (EVDS) di aplikasi PLN Mobile. (ANTARA/HO-PLN UID Kalselteng)


Darmawan menekankan, langkah yang dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan digital melalui PLN Mobile, di mana EVDS berperan sebagai solusi terpadu bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

 

“Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan layanan kelistrikan, terutama kendaraan listrik. Baik itu penambahan daya, pemasangan baru, bahkan pembelian kendaraan listrik dapat dilakukan melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile,” ungkap Darmawan.

 

Melalui fitur EV di aplikasi PLN Mobile, masyarakat kini lebih mudah menemukan lokasi Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU), hingga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) terdekat disamping dengan menggunakan platform masyarakat juga dapat memantau biaya pengisian daya motor listrik.

Baca juga: Dirut PLN pimpin apel pengamanan pasokan listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN

 

“Untuk pembelian kendaraan listrik, PLN melakukan kerja sama dengan beberapa produsen kendaraan motor maupun mobil listrik ternama dan PLN Mobile juga dapat melakukan pengecekan informasi lengkap mengenai produk dan spesifikasi,” katanya.

 

Dikatakan Darmawan, masyarakat juga dapat mengakses kebutuhan suku cadang kendaraan listrik langsung dari mitra PLN dan EVDS juga berfungsi sebagai agregator untuk penyedia layanan perawatan dan penggantian suku cadang kendaraan listrik.

 

“Masyarakat tidak perlu ragu lagi beralih ke kendaraan listrik karena melalui EVDS seluruh sistem dan stakeholders layanan EV terintegrasi dengan baik. Kolaborasi ini menjadi wujud nyata komitmen PLN dalam mendukung program pemerintah mempercepat transisi energi untuk bersama-sama kita menciptakan lingkungan yang lebih bersih untuk kehidupan di masa depan yang lebih baik,” demikian Darmawan.

Baca juga: PLN usung support system kendaraan listrik di ajang IIMS 2024

 


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button