Daerah

Permudah implementasi Siskeudes Online, Pemkab Kapuas bentuk tim dari empat OPD – ANTARA News Kalimantan Tengah


Kuala Kapuas (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Kapuas berupaya mengoptimalkan penerapan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis digital atau online.

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Rabu, mengatakan sesuai MCP dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang tata kelola keuangan daerah, maka mewajibkan pengelolaan Siskeudes Online dengan server yang dikelola oleh pemerintah daerah.

 

“Untuk itu, kami bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar rapat koordinasi implementasi Aplikasi Siskeudes Online pada 2024,” jelasnya.

 

Dalam kegiatan ini pihaknya memperkenalkan fitur-fitur dan SOP yang akan diterapkan pada Aplikasi Siskeudes Online. Selanjutnya untuk mempermudah pengimplementasian Aplikasi Siskeudes Online, maka dibentuk tim dari empat perangkat daerah.

 

 

Kepala Kominfo Kapuas Hartoni U Sawang menjelaskan untuk meningkatkan nilai MCP KPK Kapuas, maka pihaknya menyiapkan server untuk Siskeudes.

 

“Dengan Siskeudes online ini penginputan bisa dilakukan oleh perangkat desa dimana saja. Asalkan ada internet dan dengan aplikasi Siskeudes ini memudahkan pengawasan dari BPKAD dan Inspektorat,” jelasnya.

 

Diketahui Siskeudes ini sudah terhubung dengan server yang dikelola oleh pusat data Kementerian Dalam Negeri yang severnya ada di pemerintah daerah.

 




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button