Hiburan

EF Kids and Teens dukung pariwisata lewat pelatihan Bahasa Inggris


Jakarta (ANTARA) – EF Kids and Teens Indonesia memberikan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk tenaga pendidik Sekolah Dasar di berbagai daerah wisata yang tercakup dalam Daerah Pariwisata Super Prioritas dan beberapa destinasi wisata lainnya.

Setelah Mandalika dan Samosir, EF Kids and Teens bekerja sama dengan Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu memulai Program Pelatihan Bahasa Inggris dan diikuti oleh 50 orang tenaga pendidik sekolah dasar yang berasal dari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, seperti tertulis salam siaran persnya diterima di Jakarta pada Sabtu.

Acara pembukaan dilakukan di SMP Negeri 241 Kepulauan Tidung, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Dasar Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu H. Jaanan, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Agung Tutaya, S.Pd serta Direktur Urusan Korporat EF Kids and Teens Indonesia Juli Simatupang.

Dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris itu, EF Kids and Teens membagikan metode fun learning yang kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik.

Program pelatihan itu terdiri dari lokakarya secara tatap muka langsung dan lokakarya online yang diadakan selama empat bulan secara intensif. Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.

Baca juga: EF bantu perkuat kemampuan Bahasa Inggris di daerah pariwisata

“Sebagai sekolah Bahasa Inggris terbesar di dunia, EF Indonesia berkomitmen turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, terutama dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris dan pengembangan metode fun learning secara berkesinambungan,” kata Country Director EF Kids and Teens Indonesia Suryadi Afan.

Program pelatihan bukan yang pertama kali dilakukan, sebelumnya EF telah melakukan program pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD. EF juga telah menyelenggarakan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia.

Sejak tahun 2014 hingga saat ini, EF telah mengirimkan pengajar muda guna mendukung pengembangan kapasitas tenaga pendidik ke beberapa daerah pelosok Indonesia seperti Kabupaten Natuna, Riau, Kabupaten Paser di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

Suryadi Afan menyampaikan pada tahun ini mereka fokus pada pengembangan tenaga pendidik sekolah dasar di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) seperti Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo, Magelang, termasuk juga destinasi pariwisata prioritas Kepulauan Seribu.

“Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menjadi salah satu lokasi pelaksanaan program edukatif tahun ini mengingat Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Kami mengapresiasi Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang memberikan respon positif dan bersinergi dengan baik sehingga program ini dapat mulai berjalan,” kata Suryadi Afan.

Baca juga: 100 guru Lomteng dilatih keterampilan mengajar Bahasa Inggris inovatif

Kepala Seksi Pendidikan Dasar Suku Dinas Pendidikan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu H. Jaanan, M.Pd, mengatakan bahwa Kepulauan Seribu merupakan salah satu Daerah Pariwisata Prioritas, yang mendorong seluruh masyarakatnya memiliki pendidikan dan penguasaan bahasa asing yang baik.

“Saat ini, target wisatawan untuk Kepulauan Seribu adalah 80 persen wisatawan lokal dan 20 persen wisatawan asing. Oleh karena itu, upaya edukatif yang dibawa oleh EF sangat membantu kami mendukung putra-putri dari Kepulauan Seribu semakin baik dalam berinteraksi dengan wisatawan, khususnya dengan wisatawan asing,” kata Jaanan.

Jaanan menambahkan bahwa saat ini salah satu kendala dalam bidang pendidikan di Kepulauan Seribu adalah terbatasnya jumlah guru Bahasa Inggris karena banyaknya guru yang purna bakti dan masih ada beberapa sekolah yang kekurangan tenaga pendidik.

Direktur Urusan Korporat EF Kids and Teens Indonesia Juli Simatupang mengatakan EF Kids and Teens Indonesia menyasar para guru pendidik di dapat mereka memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menyampaikan materi pengajaran kepada para peserta didiknya.

“Dengan demikian, para peserta akan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik dari sebelumnya. Modul pembelajaran yang diberikan ke para tenaga pendidik terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang menciptakan pembelajaran yang positif, interaktif dan menyenangkan,” kata Juli.

Modul-modul itu dapat membantu para tenaga pendidik dalam mengajarkan Bahasa Inggris ke peserta didik. Pembelajaran menggabungkan edukasi dengan permainan yang seru di dapat anak terpacu untuk menggunakan Bahasa Inggris.

“Kami berharap program ini dapat bermanfaat bagi tenaga pendidik dan peserta didik di Kepulauan Seribu. Selain itu, dengan semakin menguasai Bahasa Inggris dapat membantu Indonesia menjadi pemimpin di pasar global,” kata Juli Simatupang.

Baca juga: INKA beri bantuan pelatihan bahasa Inggris bagi anak panti asuhan

Baca juga: AS dukung Kemenag RI dengan pelatihan guru bahasa Inggris

​​​​​​​Baca juga: PKL di Kampung Inggris-Kediri dapat pelatihan Bahasa Inggris gratis

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button