Daerah

Pemkab Barsel gerak cepat tangani kekeringan di Desa Murung Paken – ANTARA News Kalimantan Tengah


Buntok (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah bergerak cepat menangani kekeringan akibat fenomena elnino yang terjadi di Desa Murung Paken, Kecamatan Dusun Selatan.

“Setelah mendapatkan informasi, kita dari tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja cepat turun ke lapangan membantu masyarakat di desa tersebut,” kata penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan di Buntok, Senin.

Ia menerangkan, pada desa ini sudah dibangun tempat penampungan air sementara dan telah disiapkan mesin penyedot air dari sungai yang masih ada airnya untuk keperluan masyarakat desa.

Sementara Sekda Barito Selatan, Edy Purwanto menyampaikan, terkait kekeringan yang terjadi di desa tersebut berdasarkan informasi dari Camat Dusun Selatan.

“Sumur warga dan sungai yang ada di Desa Murung Paken saat ini sudah kering,” bebernya.

Adapun langkah yang telah dilakukan sebagai antisipasi sementara untuk keperluan mandi, cuci dan kakus bagi masyarakat, pihaknya telah menyediakan tempat penampungan air yang sumbernya dari sungai Barito.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melalui BPBD juga sedang membangun tempat penampungan air bersih untuk konsumsi bagi masyarakat di desa Murung Paken tersebut.

“Untuk menuju ke Desa Murung Paken ini akses transportasi jalan daratnya memang sangat sulit, dan kita akan berupaya mendistribusikan air bersih kepada masyarakat di Desa Murung Paken ini menggunakan kendaraan roda dua,” jelas Edy Purwanto.

Ia juga menyampaikan, pihaknya juga pada hari ini melaksanakan rapat koordinasi dengan camat yang ada di enam kecamatan di daerah ini.

Menurut dia, rapat koordinasi ini untuk meminta informasi terkini dari camat di enam kecamatan terkait apakah ada desa lainya yang juga mengalami kekeringan.

“Kalau memang ada desa lainnya yang mengalami kekeringan, maka kita akan segera turun ke lapangan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” demikian Edy Purwanto.




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button