Otomotif

Pasar Mobil Listrik Kian Panas, Nissan dan Honda Jalin Kerja Sama : Okezone Otomotif

JAKARTA – Pabrikan Jepang, Nissan dan Honda mengumumkan kemitraan untuk pengembangan mobil listrik. Kerja sama ini guna menghadapi persaingan global yang ketat di pasar kendaraan listrik.

Diketahui, Tesla dan pesaingnya dari China seperti BYD telah menguasai kendaraan listrik.

Meskipun mempelopori kendaraan listrik di pasar massal dengan Leaf lebih dari satu dekade lalu, Nissan telah dikalahkan pesaingnya.

Sementara Honda yang terkenal dengan kendaraannya yang andal dan hemat bahan bakar, juga kesulitan untuk mendapatkan pijakan di sektor kendaraan listrik.

“Kami menyadari perlunya mempercepat upaya kami menuju masa depan yang benar-benar netral karbon dan bebas kecelakaan,” kata CEO Nissan Makoto Uchida, melansir Arena EV, Rabu (20/3/2024).

“Kemitraan strategis ini merupakan pengakuan bahwa kita perlu mendobrak praktik-praktik lama dan berkolaborasi bisa wafat tetap kompetitif,” katanya.

Presiden Honda Toshihiro Mibe juga menyampaikan hal senada.

“Industri otomotif sedang mengalami transformasi yang terjadi sekali dalam satu abad. Kita perlu mengeksplorasi potensi kemitraan untuk menciptakan nilai baru dan mendorong diri kita maju,” tuturnya.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Potensi kerja sama ini dapat membawa manfaat bagi kedua perusahaan. Pengembangan bersama komponen inti kendaraan listrik, seperti baterai dan powertrain, dapat memangkas biaya secara drastis dan mempercepat produksi.

Toyota secara historis lebih menyukai teknologi hibrida dibandingkan kendaraan listrik sepenuhnya.

Kedua perusahaan belum mengungkapkan rincian keuangan spesifik dari perjanjian tersebut. Namun, kedua CEO mengakui kemungkinan adanya ikatan modal di masa depan. Untuk saat ini, fokusnya adalah menjajaki peluang kolaborasi di bidang-bidang utama.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button