Gaya Hidup

OYO rilis tren perjalanan sepanjang tahun 2023


Jakarta (ANTARA) – Perusahaan penginapan berbasis daring OYO merilis tren perjalanan tahunan sepanjang 2023 bernama “OYO Travelopedia 2023” yang menunjukkan bahwa ibu kota Jakarta unggul sebagai destinasi favorit wisatawan, dan momentum perayaan tahun baru mencatat 77 persen kenaikan dari tahun sebelumnya serta deretan tren lainnya di tahun 2023.

“Laporan OYO Travelopedia 2023 ini bertujuan untuk menjadi panduan komprehensif bagi para pemangku kepentingan industri, termasuk bisnis perhotelan, operator tur, dan pembuat kebijakan, sehingga mereka dapat beradaptasi dan memenuhi permintaan wisatawan yang terus berkembang,” kata Country Stock and Flow OYO Indonesia Hendro Tan, dikutip dari keterangan persnya, Rabu.

Laporan Travelopedia juga menunjukkan lima teratas destinasi wisata dengan pemesanan tertinggi selama 2023, yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Medan, dan Yogyakarta. Selain itu, Pulau Jawa menjadi wilayah unggul untuk pemesanan tertinggi dengan total pemesanan lebih dari 3,8 juta, diikuti Jabodetabek dan Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, dan Papua.

Baca juga: American Express Rilis Tren Perjalanan Teratas Tahun 2023

Pada 2023, Kota Batam mencatat kenaikan pemesanan hingga 84 persen, disusul Bali mencatat kenaikan pemesanan hingga 52 persen dibandingkan tahun 2022. Hal ini menjadikan kedua destinasi ini memiliki kenaikan maksimal Year on Year.

Salah satu faktor kenaikan tersebut adalah adanya Belvilla di Pulau Bali yang menjadi magnet bagi wisatawan asing maupun domestik. Belvilla merupakan fasilitas vila premium dari OYO yang saat ini terletak di sejumlah kawasan strategis di Bali.

Tidak hanya itu, bulan Januari 2023 menjadi bulan dengan jumlah pemesanan tertinggi sepanjang tahun. Untuk masa inap terpanjang berhasil dicatat oleh properti OYO Homes 90956 Desa Wisata Guranteng di Tasikmalaya, Jawa Barat dengan masa inap selama 173 hari.

Baca juga: OYO luncurkan Belvilla sebagai vila premium di Indonesia

Untuk properti atau penginapan yang paling sering dipesan selama periode 2023, kategori ini diraih oleh Super OYO Collection O 818 Micasa Residence di Bandung, Jawa Barat.

Peningkatan perjalanan di atas sejalan dengan tren gaya hidup saat ini, yaitu tren bekerja secara remote atau dari mana saja. Dengan meningkatnya tren remote working ini, Indonesia menjadi salah satu destinasi tujuan bagi para digital nomad.

Bali menjadi salah satu destinasi digital nomad terpopuler, yang didukung dengan kemajuan pesat infrastruktur teknologi, serta destinasi wisata yang menawarkan pengalaman menarik bagi wisatawan. Selain itu, Travelopedia 2023 juga mencatat sejumlah destinasi populer, seperti Pulau Komodo dan Raja Ampat menarik perhatian para wisatawan selama periode 2023.

Baca juga: OYO siapkan diskon 70 persen untuk sambut para “digital nomad”

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button