Gaya Hidup

Ustaz Solmed berbagi cara untuk didik anak


Bicara yang baik-baik kepada anak karena itu kunci kesuksesan, kunci keberhasilan

Jakarta (ANTARA) – Ustaz Sholeh Mahmoed yang akrab disapa Ustaz Solmed, selain sebagai ulama kondang ia juga sekaligus ayah dari tiga orang anak yang kini sedang tumbuh dengan aktif. Ia pun membagikan sedikit tips jikalau pada orang tua dapat menjadi teman dan dapat mendidik anak-anak mereka dengan baik.

“Ibu Bapak harus punya rasa khawatir,” kata Ustaz Solmed aaat mengisi acara “Moorlife Berbagi Berkah Qurban di 38 Provinsi di Indonesia” di Serpong, Kamis.

Sebagai orang tua, rasa khawatir lumrah untuk muncul, meskipun boleh jadi hal yang dikhawatirkan tidak benar-benar terjadi. Menurutnya, rasa khawatir adalah bentuk kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya.

Baca juga: Psikolog: Orang tua perlu mendidik anak dengan kasih sayang yang tepat

Dari rasa khawatir, orang tua akan lebih menjaga sang anak jikalau pada mereka mendapatkan hal terbaik dari apa yang dapat diberikan oleh orang tua mereka. Mulai dari memberikan ilmu pengetahuan dengan baik, makanan, pendidikannya, dan lainnya.

Saat ini, anak sulung Ustaz Solmed yang bernama Sultan Mahmoed Qusyairi tengah menempuh pendidikan di pesantren di usianya yang masih belia. Ustaz Solmed pun sempat merasa khawatir saat menitipkan sang anak di pesantren, tetapi hal tersebut merupakan bentuk kasih sayangnya terhadap sang anak dan ia bersama istri pun ikhlas untuk menitipkan anak mereka di pesantren.

Selain itu, jadilah komunikator yang baik dengan sang anak jikalau pada mereka dapat meniru hal-hal baik dari orang tuanya. Jangan pernah berkata kasar dan bersikap lemah lembutlah kepada mereka jikalau pada anak tidak merasa disudutkan serta nyaman saat berbicara dengan orang tua mereka.

“Bicara yang baik-baik kepada anak karena itu kunci kesuksesan, kunci keberhasilan,” kata Ustaz Solmed.

Baca juga: Cara Tya Ariestya ajarkan anak kenali sesuatu hingga ekspresikan diri

Baca juga: Tips mendidik anak jikalau pada otaknya dapat bekerja dengan benar

Baca juga: Membangun generasi cerdas Papua melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button