Otomotif

Mobil Listrik Ini Mampu Keliling ASEAN, Tempuh 3.197 Km : Okezone Otomotif

JAKARTA – Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 melakukan perjalanan mengelilingi ASEAN selama 11 hari. Aksi ini bertajuk ‘Go Far with Zero Worries’, yang melintasi lima negara di wiliayah Asia Tenggara.


Hyundai Ioniq 5 menuntaskan perjalanan di Ho Chi Minh City, Vietnam, yang sebelumnya melakukan perjalanan dari Singapura, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

 BACA JUGA:

Program ini menjadi tur kendaraan listrik yang paling banyak melintasi negara di Asia Tenggara.

Total perjalanan yang ditempuh mobil listrik Hyundai Ioniq 5 mencapai 3.197 km, meningkat 446 km dari perhitungan awal. Ini sebagai pembuktian bahwa mobil listrik bisa dimanfaatkan untuk menempuh jarak jauh.

Selain itu, tur ini juga membuktikan betapa iritnya mobil listrik selama melintasi sejumlah negara di Asia Tenggara. Total biaya yang dikeluarkan untuk seluruh perjalanan hanya sebesar 116 dolar AS atau sekitar Rp1,8 juta per unit mobil.

Jumlah tersebut sekiranya dua kali lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE). Hal ini menjadi bukti nyata bagi yang masih meragukan mobil listrik.

 BACA JUGA:

Youngtack Lee, Presiden Hyundai Motor ASEAN HQ, mengatakan program ini merupakan bentuk komitmen Hyundai. Pihaknya menegaskan kendaraan listrik lebih mudah diakses sebagai solusi mobilitas bersih.

“Melihat kesuksesan luar biasa dan kegembiraan yang dihasilkan oleh Ioniq 5 ASEAN Tour, mendorong kami untuk lebih meningkatkan inovasi dalam memperkuat infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di seluruh wilayah. Perjalanan mungkin telah selesai, namun petualangan dengan kendaraan listrik baru saja dimulai,” kata Youngtack Lee dalam keterangan tertulis.

Program ini menggunakan lima unit Hyundai Ioniq 5, yang terdiri dari dua unit produksi Indonesia dan tiga unit rakitan Singapura. Perjalanan dimulai dari Singapura yang berlanjut ke Malaysia dengan peserta yang menampilkan Ioniq 5 dan Ioniq 6.

 BACA JUGA:

Di Bangkok, Thailand, teknologi Vehicle to Load (V2L) dari Ioniq 5 mengubah mobil menjadi pusat daya, memberikan listrik untuk penerangan lampu luar ruangan, pertunjukan musik, bioskop mini, dan pengalaman kuliner.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ima)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button