Ekonomi

Mereka Punya Produk tapi Tidak Tahu Jualnya Bagaimana

Suara.com – Program Pasar Lokal Suara UMKM VOL. 3 yang diselenggarakan Suara.com telah menghasilkan 3 pemenang dari 10 besar pengirim Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM yang diumumkan pada hari ini Jumat (10/11/2023).

3 pemenang tersebut adalah Sofyani Mirah dari CV Cariza Khansa Pratama, Teuku Reggi Fahran dari Chewy Ball dan Hanum Wahyu Wibisiono dari CV Khaira Buana Mas. Para pemenang sendiri berhasil membawa pulang uang tunai masing-masing Rp10 juta.

Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono foto bersama dengan tiga UMKM dengan proposal bisnis terbaik Kompetisi Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM Volume 3 di Kantor Suara.com, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Ramadhani Ari Nugroho]
Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono foto bersama dengan tiga UMKM dengan proposal bisnis terbaik Kompetisi Proposal Bisnis Pasar Lokal Suara UMKM Volume 3 di Kantor Suara.com, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2023). [Suara.com/Ramadhani Ari Nugroho]

Salah satu Dewan Juri pada program tersebut sekaligus Co-Founder dan CEO Teman Startup Leivino Krisdeni mengucapkan selamat kepada para pemenang terpilih pada edisi kali ini. Menurut dia untuk menentukan sanga juara sangat sulit dan ketat.

“Dari dasar penilaian kita seperti kesiapan, strategi dan kemudian seberapa jauh mereka mengerti apa yang mereka lakukan,” kata pria yang akrab dipanggil Lei ini.

Menurut dia tantangan yang para UMKM hadapi ini sangat beragam tapi yang paling sering ditemui dari para peserta adalah mereka tidak tahun bagaimana cara mereka untuk memasarkan produk yang mereka buat.

“Mostly, mungkin mereka ada produk tapi mereka tidak tahu bagaimana untuk memasarkannya,” katanya.

Untuk itu dengan adanya program ini diharapkan para peserta bisa mendapatkan solusi atas kendala yang mereka hadapkan. “Dengan acara ini tentu sangat membantu para peserta untuk lebih mengembangnkan bisnis mereka,” katanya.

Sementara itu Chief Technology Officer Shinta PR, Andrew Steven Puika mengatakan sebagai pelaku bisnis terutama kalangan UMKM berproses adalah sebuah keharusan.

“Yang penting semangat dan mereka berusaha untuk sekreatif mungkin,” kata Andrew.

Lagi-lagi kata Andrew tantangan para pelaku bisnis UMKM ini adalah tantangan pemasaran yang memang terbatas sehingga menyulitkan untuk next level.

“Mungkin pemasaran yang terbatas, lingkungan mereka mungkin lingkungan sekitar saja. Nah biasanya ini adalah kendala yang paling sering dijumpai,” katanya.

Dirinya meminta kepada peserta untuk lebih berani lagi untuk grow up ke level selanjutnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Sedangkan Head of Entrepreneur Experince dari Endevor Indonesia, Syifa Zakia menambahkan bahwa acara ini telah memberi inspierasi bagi dirinya karena dipertemukan dengan berbagai macama peserta yang unik yang ingin berkembang dalam melakukan bisnis UMKM mereka.

“Saya lebih melihat lebih kagum dan terinpirasi dari semangat teman-teman melihat oportunity yang ada, mau dia dibidang fashion ataupun makanan,” kata Syifa.

Dia bilang UMKM menjadi salah satu motor penggerak utama ekonomi nasional dengan pasar yang sangat luas dan besar, sehingga tak bisa dipungkiri UMKM adalah penyelamat ekonomi.

“Program ini sangat bagus, bisa ketemu dengan para pelaku usaha lainnya dan saling berjejaring sehingga segala macam kendala ada solusinya,” ujarnya.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button