Otomotif

Nekat, Mobil China Ini Tes Kekuatan dengan Ditimpa Truk Molen dan Tetap Utuh : Okezone Otomotif

JAKARTA – Banyak cara untuk membuktikan kualitas dan kekuatan produk mobil yang dirilis masing masing masih perusaha otomotif. Tapi, apa yang dilakukan Pabrikan mobil China, Zeekr bisa dianggap di luar nalar. Mereka, memilih menimpa mobil produsi mereka Zeekr 009, dengan truk molen atau mixer truck pengangkut semen.

Tes kekuatan itu diperlihatkan melalui sebuah tayangan video komersial yang beredar luas di media sosial. Tujuannya meyakinkan konsumen jika kekuatan mobil mereka di atas mobil kompetitor utama, Toyota Alphard.


“Zeekr meyakini struktur bodi Zeekr 009 adalah yang teraman di dunia berkat material yang sangat kuat. Mobil itu diyakini tiga kali lebih kokoh dibanding mobil MPV konvensional lain yang ada di pasar,” sebut Autopro, Sabtu (6/1/2023).

Seperti terilihat dalam video, Zeekr 009 ditempatkan dalam posisi parkir. Setelahnya truk molen berjalan dari arah berlawanan. Dalam lintasan truk tersebut dibuat sebuah landasan kecil yang bisa membuat truk molen terguling. 


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sampai di landasan, truk molen itu terjatuh ke samping dan meniban Zeekr 009. Hasilnya, seperti terlihat di video, bodi samping Zeekr 009 sama sekali tidak penyok. Padahal bobot truk molen mencapai 30 ton yang seharusnya sudah sangat mampu membuat bodi mobil terlipat.

Kok bisa? Zeekr mengklaim, bodi mobil bagian belakang terbuat dari aluminium monilitik yang telah mengalami penguatan hingga 36,450 Nm per derajat. Sedangkan pilar A mobil terbuat dari baja dengan tingkat penguatan sebesar 71 persen. Angka itu 10 persen lebih tinggi dari level standar saat ini.

Dengan kekuatan tersebut, seperti video Zeekr yang viral, kondisi mobil MPV mewah dari China itu benar-benar tidak mengalami kerusakan yang fatal dan mengancam nyawa. Menurut Autopro kekuatan Zeekr 009 memang teruji.

Setidaknya dalam dua insiden kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Zeekr berupa tabrakan beruntun dan ditabrak truk trailer, kondisinya bisa dikatakan baik. Sayangnya Zeekr 009 masih jadi produk domestik China. Jadi mobil tersebut tidak dijual di negara-negara lain seperti di Indonesia.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button