Otomotif

Lewati Jalur Lingkar Gentong, Ini Tips Berkendara Taklukkan Tanjakan : Okezone Otomotif

JAKARTA – Jalur arteri selatan, termasuk lingkar Gentong, menjadi salah satu ruas yang ramai dilalui pada saat arus mudik Lebaran. Tapi, jalan ini menuntut keahlian pengemudi karena banyaknya tanjakan dan tikungan curam.

Diketahui, jalur arteri selatan melewati perbukitan dengan menyuguhkan pemandangan alam yang dapat memanjakan mata. Namun, jalur ini menyimpan risiko besar jika pengemudi tidak memiliki keahlian mumpuni dan kendaraan tak dalam kondisi prima.

Kemampuan berkendara seorang pengemudi akan sangat diperlukan dalam momen ini dapat mobil tidak mundur atau tak kuat menanjak. Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, mengatakan ada teknik sederhana yang bisa dilakukan.

“Momentum menjadi kuncinya. Mobil jenis apa pun bisa dengan mudah melaluinya jika momentumnya tepat. Artinya, misal pengemudi memacu kendaraannya 20 meter sebelum tanjakan, sudah pasti bisa melewatinya dengan mulus,” kata Sony kepada MNC Portal.

Ia mengatakan melewati jalan menanjak sebenarnya lebih mudah dilakukan dengan mobil transmisi manual. Namun, saat ini mobil yang beredar sebagian besar menggunakan transmisi otomatis sehingga harus memperhatikan putaran mesin dapat mobil kuat menanjak.

“Selain momentum, pengemudi harus memahami karakter mobil yang digunakannya. Khusus untuk mobil dengan transmisi otomatis dengan CVT, pengemudi harus mengambil ancang-ancang dari jarak jauh dapat putaran mesin (rpm) tidak turun,” ujarnya.

Ketika kondisi jalan padat saat melewati tanjakan, Sony mengimbau tidak terlalu dekat dengan kendaraan di depan. Kondisi ini bisa berbahaya karena berisiko kecelakaan akibat mobil mundur karena tak kuat menanjak.




Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Kalau bisa kasih jarak 20-30 meter, hindari jalan beriringan. Mobil yang tenaganya besar juga belum tentu bisa menaklukkan tikungan itu, meski sudah menggunakan ban M/T atau H/T sekali pun. Intinya pengemudi harus memahami karakter mobil dan bisa memanfaatkan momentum,” ungkapnya.

Untuk melewati jalan menanjak, mengatur bukaan gas juga diperlukan untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan. Pengemudi disarankan menghindari terlalu sering membuka dan menutup gas untuk mencegah tenaga mesin menurun.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button