Ekonomi

Lestarikan Lingkungan, Antam Bersama Walikota Jakarta Timur Lakukan Penanaman Pohon Serentak


Suara.com – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Adm. Jakarta Timur melakukan kegiatan penanaman pohon serentak bersama 10 Kecamatan di Jakarta Timur, Jumat (22/12/2023).

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan dalam rangka mendukung pencapaian Net Zero Emission 2060. Kegiatan Penanaman Pohon ini dihadiri langsung Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, Suku Dinas terkait, hingga pemerintah Daerah Kecamatan di wilayah Jakarta Timur.

Beberapa jenis tanaman yang ditanam merupakan jenis pohon pelindung dan pohon produktif antara lain Pohon Jambu Jamaika, Pohon Manggis, Pohon Sirsak, Pohon Jamblang, Pohon Nangka, Pohon Alpukat, Pohon Matoa, Pohon Durian, Pohon Mangga, Pohon Mahoni, Pohon Manglid, Pohon Trembesi, Pohon Kayu Afrika, dan Pohon Tabebuya.

General Manager Antam UBPP Logam Mulia, Purwanto menyebut kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan perusahaannya.

Sampai dengan November tahun ini, Antam melalui UBPP Logam Mulia telah mendistribusikan 2.836 pohon yang terdiri dari tanaman pelindung, tanaman produktif, tanaman sayuran dan tanaman hias.

“Upaya ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan LIngkungan (TJSL) bidang pelestarian alam dengan mengutamakan sinergi Pemerintah Kelurahan hingga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta merupakan komitmen ANTAM dalam mendukung penghijauan dan tercapainya Net Zero Emission 2060,” ujar Purwanto.

Lebih lanjut, Purwanto menjelaskan bahwa kegiatan penaman pohon ini merupakan kelanjutan dari kegiatan penanaman pohon sebelumnya yang dimulai sejak April lalu.

“Selain penanaman pohon, upaya lain yang dilakukan untuk mendukung pelestarian lingkungan juga telah dilaksanakan praktik penghijauan dengan sistem urban farming di beberapa wilayah Jakarta Timur yang berkolaborasi dengan lembaga pendidikan sekolah di Kecamatan Pulogadung serta Pemerintah Daerah Kecamatan Duren Sawit,” tambahnya.

Sementara itu, Antam melalui UBPP Logam Mulia juga turut melakukan pelestarian tanaman langka di Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung yang berkolaborasi dengan Kelompok Tani Hutan serta masyarakat sekitar.

“Kedepannya kami harapkan sinergi dan kolaborasi semakin dapat ditingkatkan sebagai wujud kepedulian lingkungan dan kesehatan masyarakat sesuai komitmen dekarbonisasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” pungkas Purwanto.

Di sisi lain, Walikota Jakarta Timur M. Anwar juga mengapresiasi upaya Antam dalam melakukan penghijauan.

“Sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta bagaimana kita menghijaukan lokasi yang ada disini sepanjanjang Bacakayu sampai dengan perbatasan Bekasi. Kami apresiasi kepada Antam yang telah membantu pohon buah dan produktif,” katanya.

“Ini komitmen Pemkot Jakarta Timur bersama stakeholder terus berkolaborasi. Bersama PT. Antam ini bukan yang pertama kalinya untuk penghijauan, dan sekarang kita kembali gelar secara luring dan daring di 10 Kecamatan aksi penanaman pohon ini,” jelasnya.

M. Anwar berharap program ini dapat terus berlanjut dengan upaya kolaborasi buat bisa kawasan menjadi lebih hijau dan tertata rapih.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button