Politik

KPU Pesisir Barat Lampung siapkan gedung khusus logistik Pemilu 2024


Pesisir Barat (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung telah menyiapkan gedung dan aula khusus untuk menjadi tempat penyimpanan barang logistik pada Pemilu 2024.

“Telah disiapkan gedung dan aula khusus untuk penyimpanan logistik Pemilu 2024 di kecamatan,” kata Ketua KPU Pesisir Barat, Marlini, saat dihubungi dari Lampung Selatan, Senin.

Menurutnya, gedung atau aula khusus untuk menyimpan beragam logistik itu sangat penting, terutama dalam penyimpanan kotak suara dan surat suara.

Dia menjelaskan bahwa tempat penyimpanan logistik pemilu tidak harus gedung, namun bisa juga bangunan seperti aula atau ruang kosong di kantor kecamatan yang dapat digunakan hingga pelaksanaan tahapan pemilu selesai.

Ia pula mengatakan, tidak hanya logistik seperti kotak suara dan surat suara, pihaknya juga sudah menyiapkan lokasi atau tempat khusus untuk rekapitulasi hasil suara nantinya.

“Dan untuk rekapitulasi semua ada di kantor kecamatan masing-masing seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, hingga saat ini untuk di Kabupaten Pesisir Barat, persiapan Pemilu 2024 mendatang tidak ada kendala yang cukup besar.

“Tidak ada kendala signifikan, semua berjalan aman dan kondusif,” katanya.

Untuk diketahui, verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan bakal calon 10 Juli- 6 Agustus 2023. Penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) 6-11 Agustus. Penyusunan dan penetapan DCS 12-18 Agustus. Pengumuman DCS 19-23 Agustus. Masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS 19-28 Agustus 2023.

Tahapan berikutnya, pengajuan pengganti DCS pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS dimulai 14-20 September. Verifikasi atas pergantian DCS 21-23 September 2023. Dilanjutkan pencermatan rancangan Daftar Calon Tetap (DCT) 24 September-3 Oktober 2023. Penyusunan dan penetapan DCT 4 Oktober-3 November 2023. Untuk pengumuman DCT pada Sabtu, 4 November 2023.
Baca juga: KPU Pesisir Barat Lampung catat 255 bacaleg belum penuhi syarat

Baca juga: Penghitungan suara di Kabupaten Pesisir Barat ricuh

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button