Daerah

Komposisi baru KPU Kotim tanpa keterwakilan perempuan – ANTARA News Kalimantan Tengah


Sampit (ANTARA) – Komposisi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah periode 2023-2028 berbeda dari banding periode sebelumnya karena kali ini tanpa ada keterwakilan perempuan. 

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia resmi mengumumkan nama-nama calon anggota KPU terpilih. Pengumuman itu dituangkan dalam pengumuman Nomor 57/SDM.12-Pu/04/2023 tentang Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Terpilih pada 48 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi periode 2023-2028.

Pengumuman yang ditanda tangani Ketua KPU RI Hasyim Asyari pada 23 Juni 2023 atau kemarin. Disebutkan, telah ditetapkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 665 Tahun 2023 tentang Penetapan Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Terpilih pada 48 (Empat Puluh Delapan) Kabupaten/Kota di 7 Provinsi periode 2023-2028.

Dari deretan nama tersebut, terdapat nama calon anggota KPU di Kalimantan Tengah, yaitu KPU Barito Selatan, Kapuas, Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Timur. 

Dari daftar nama calon anggota KPU empat kabupaten yang diumumkan tersebut, hanya KPU Kotawaringin Timur yang tidak terdapat calon komisioner dari keterwakilan kaum perempuan. 

Lima calon anggota KPU Kotawaringin Timur yang terpilih adalah Ependi, Jamil Januansyah, Muhamad Tohari, Muhammad Rifqi dan Wendy. 

Baca juga: Inovasi ‘siporakotim’ bawa Kadispora Kotim raih penghargaan terbaik Latpimnas

Mereka terpilih melalui ‘fit and proper test’ atau uji kelayakan dan kepatutan oleh KPU RI. Dari 10 orang peserta seleksi, kelima nama tersebut meraih nilai tertinggi sehingga dinyatakan sebagai calon anggota KPU Kotawaringin Timur yang terpilih. 

Komposisi ini berbeda dengan komisioner KPU Kotawaringin Timur periode sebelumnya yang masa jabatannya berakhir pada Jumat (23/6) kemarin. Sebelumnya komisioner terdiri dari tiga perempuan dan dua laki-laki, bahkan jabatan ketua diduduki seorang perempuan yaitu Siti Fathonah Purnaningsih. 

Dari lima nama calon anggota KPU Kotawaringin Timur yang diumumkan, terdapat satu orang petahana yaitu Muhammad Rifqi. Sementara itu Muhamad Tohari dan Ependi merupakan ketua dan anggota Bawaslu Kotawaringin Timur, sedangkan Wendy dan Jamil Januansyah berlatar belakang tenaga pendidik dan wartawan. 

Muhammad Rifqi, salah satu dari lima calon terpilih saat dihubungi, membenarkan pengumuman lima nama calon anggota KPU Kotawaringin Timur terpilih tersebut, termasuk dirinya. 

“Alhamdulillah. Terima kasih atas doa dan dukungan semuanya. Pelantikan rencananya dilaksanakan besok di Jakarta,” ujar Rifqi. 

Pelantikan dilaksanakan bersamaan dengan anggota KPU dari daerah lainnya. Informasinya, setelah pelantikan tersebut komisioner akan memilih siapa yang akan dipercaya menjadi ketua KPU Kotawaringin Timur periode 2023-2028.

Baca juga: KPU Kotim tetapkan DPT 303.608 pemilih

Baca juga: Kotim tingkatkan pencegahan karhutla hadapi El Nino

Baca juga: Diskominfo Kotim dukung penuh perluasan Desa Antikorupsi




Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button