Otomotif

Klarifikasi Toyota Indonesia Terkait Isu Penyimpangan Sertifikasi Mobil Mesin Diesel : Okezone Otomotif

JAKARTA – Toyota Indonesia memastikan mobil yang beredar di Tanah Air tak terdampak masalah pada mesin diesel usai mendapat laporan dari Toyota Industri Corporation (TICO). Pihak Toyota Indonesia mengklaim mesin diesel yang diproduksi dan dipasarkan telah sesuai standar dan memenuhi sertifikasi yang berlaku.

Sebelumnya Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan terdapat masalah pada mesin diesel. Ada 10 model global yang terdampak dari penyimpangan sertifikasi mesin diesel ini. Enam model di antaranya dipasarkan di Jepang, kemudian ada satu model diproduksi di Indonesia.

Namun, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam membantah kabar tersebut. Menurut dia, mobil mesin diesel yang dipasarkan di Indonesia sudah memenuhi sertifikasi sehingga sesuai standar.

Sehingga, lanjut Bob, isu mesin diesel tersebut tidak berdampak pada model-model kendaraan Toyota di Indonesia. Bob menyebut, isu penyimpangan sertifikasi ini hanya berdampak pada beberapa negara, tapi tidak Indonesia.

“Isu ini berkaitan dengan prosedur sertifikasi di beberapa negara selain Indonesia dan tidak berkaitan maupun mempengaruhi kinerja horsepower, torsi, maupun kinerja mesin lainnya. Isu ini juga tidak berkaitan maupun mempengaruhi keamanan kendaraan serta besaran emisi yang dihasilkan kendaraan,” katanya.

Namun, sebagai bagian dari keluarga besar Toyota, ingin meminta maaf kepada seluruh pelanggan dan pemangku kepentingan di Indonesia terkait ketidaknyamanan dan kemungkinan kekhawatiran yang ditimbulkan oleh isu ini.

“Kami ingin mengonfirmasi bahwa kami yakin bahwa kendaraan-kendaraan kami tidak terdampak dengan isu ini. Namun demikian, Toyota Indonesia dengan ini meminta maaf,” ujarnya.

Sebelumnya, Toyota Jepang telah memverifikasi ulang kendaraan yang diproduksi massal di pabriknya. Mereka juga memastikan bahwa mesin dan kendaraan yang terkena dampak itu telah memenuhi standar output kinerja mesin.

Dari hasil penyelidikan, TICO memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman mesin diesel yang terdampak penyimpangan sertifikasi ini. Toyota juga memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman kendaraan yang dilengkapi mesin diesel yang terdampak penyimpangan ini.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button