Otomotif

Kenapa Toilet Bus Hanya Bisa Digunakan saat Bus Berjalan? : Okezone Otomotif

JAKARTA – Berkendara dengan bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) kini menjadi lebih nyaman dengan adanya fasilitas toilet di dalamnya. Namun, penumpang sering kali bertanya-tanya mengapa toilet bus hanya dapat digunakan saat bus sedang berjalan, sementara tidak diperbolehkan saat bus berhenti.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (5/3/2024). Bus umumnya tidak dilengkapi dengan tangki penampungan atau septic tank untuk kotoran, mengingat proses pengurasannya memakan waktu dan membutuhkan upaya ekstra.

Sebagian besar karoseri bus tidak memasang tangki penampungan ini untuk menghindari biaya operasional yang lebih tinggi serta kesulitan dalam proses pengelolaan limbah.

Oleh karena itu, penumpang hanya diperbolehkan menggunakan toilet saat bus sedang berjalan, guna menghindari penumpukan air dan potensi bau yang bisa mengganggu penumpang serta mencemari lingkungan sekitar.

Selain itu, toilet bus hanya dirancang untuk buang air kecil saja, mengingat kapasitas tangki air yang terbatas, hanya sekitar 200 liter.

Dengan demikian, penumpang diharapkan dapat dengan mudah berkomunikasi dengan awak bus untuk meminta berhenti di tempat istirahat jika memerlukan fasilitas buang air, baik kecil maupun besar. Ini menjadi langkah praktis dalam menjaga kenyamanan selama perjalanan serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

(Muhamad Nurifan Anwar)


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button