Politik

Kemarin, pameran alutsista hingga Mahfud MD dongkrak elektoral Ganjar


Jakarta (ANTARA) – Berbagai peristiwa politik kemarin, Minggu (24/9) menjadi sorotan, di antaranya pameran alat utama senjata (alutsista) TNI di Lapangan Monas, Jakarta, hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mendongkrak elektoral Ganjar Pranowo.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. TNI pamerkan 125 unit alutsista di Monas

Sebanyak 125 unit alat utama senjata (alutsista) dari tiga matra TNI (AL, AU, dan AD) dipamerkan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta dalam rangka memeriahkan HUT Ke-78 TNI.

Seratus lebih alutsista tersebut mulai digelar pada tanggal 22—23 September, kemudian mulai dipamerkan selama 12 hari sejak Minggu (24/9) sampai dengan puncak HUT TNI pada tanggal 5 Oktober. Selama dipamerkan, masyarakat diperbolehkan melihat pameran alutsista TNI secara gratis di Monas.

“Sebelumnya, kami laksanakan pameran alutsista serta bakti sosial. Masyarakat dapat hadir melihat, silakan masyarakat berduyun-duyun melihat hiburan dan pameran alutsista HUT Ke-78 TNI,” kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Monas, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

2. Panglima lepas 10.000 peserta lari HUT Ke-78 TNI

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melepas peserta lomba lari Panglima TNI RUN dalam rangka HUT Ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Minggu.

Panglima TNI Run diikuti sekitar 10 ribu peserta dengan kategori lima kilo (5K), 10K, dan 21K, dimulai dari Lapangan Monas dan berakhir juga di Monas.

Untuk lari jarak 21K ditempuh dengan waktu 3,5 jam diikuti 1.058 personel, lari 10K selama 2 jam diikuti 3.036 personel, dan lari 5K selama 1,5 jam diikuti 5.906 personel.

Selengkapnya klik di sini.

3. Pengamat: Demokrat dukung Prabowo tak mengubah bursa cawapres

Pengamat politik Universitas Jember Hermanto Rohman menilai bahwa beralih-nya dukungan Partai Demokrat kepada Prabowo Subianto tidak akan mengubah peta politik bursa calon wakil presiden.

“Masing-masing calon presiden, baik Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto indikasi-nya masih kuat untuk melihat suara Nahdliyin dalam mencari pendamping dalam Pemilu Presiden 2024,” katanya di Jember, Jawa Timur, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Gubernur Jatim lantik enam penjabat kepala daerah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik enam penjabat (pj.) kepala daerah yang ada di wilayahnya di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Minggu.

“Sebelum saya mengambil sumpah, saya ingin bertanya apakah saudara bersedia diambil sumpahnya,” kata Gubernur Khofifah saat prosesi pelantikan di Gedung Grahadi.

“Bersedia,” jawab keenam calon pj. kepala daerah tersebut.

Selengkapnya klik di sini.

5. Pengamat nilai Mahfud MD beri dampak elektoral signifikan bagi Ganjar

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai sosok Mahfud MD bisa memberikan dampak elektoral berarti apabila dipasangkan dengan bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Saidiman menilai kualitas personal menkopolhukam itu bisa memperkuat pencitraan atau branding Ganjar Pranowo melalui rekam jejaknya yang dinilai bersih dan berani selama ini.

“Branding integritas ini penting, karena salah satu kualitas personal yang dianggap paling penting oleh masyarakat untuk seorang pemimpin nasional adalah integritas,” kata Saidiman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button