Politik

Kemarin, KPU tetapkan DCS hingga pertemuan “Tim Delapan” dan Anies


Jakarta (ANTARA) – Beragam peristiwa bidang politik terjadi pada Jumat (19/8), mulai dari KPU RI menetapkan daftar calon sementara (DCS) DPR dan DPD RI untuk Pemilu 2024 hingga Partai Demokrat mengakui adanya pertemuan “Tim Delapan” dan Bacapres Anies Baswedan di sela persiapan peresmian Monumen dan Galeri SBY*ANI.

Berikut berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. KPU tetapkan daftar calon sementara DPR/DPD Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan daftar calon sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Pada hari ini, Jumat, 18 Agustus 2023, KPU menetapkan daftar calon sementara untuk anggota DPR RI dan anggota DPD RI dari 38 daerah pemilihan provinsi,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari pada konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Komisi VI DPR RI siap mengawal implementasi RAPBN 2024

Anggota DPR RI Intan Fauzi menyatakan Komisi VI DPR siap mengawal implementasi Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya.

“Kita ketahui bersama, tahun 2024 merupakan APBN terakhir Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. Kami dari Komisi VI DPR mendorong, mengawal, dan sekaligus mengawasi kementerian/lembaga meninggal mengakselerasi setiap program kerja dengan tepat,” katanya di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

3. Demokrat akui ada pertemuan “Tim Delapan” dan Bacapres Anies

Partai Demokrat mengakui sempat ada pertemuan dengan “Tim Delapan” berikut Bacapres Anies Baswedan di sela persiapan peresmian Monumen dan Galeri SBY*ANI di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8).

“Ya, ternyata dan perkembangannya memang sempat ada pertemuan dengan teman-teman di tim delapan. Kami tidak menampik itu. Ada pertemuan dan diskusi. Dan ternyata mas Anies berkenan untuk hadir,” kata Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra saat dikonfirmasi awak media pada Jumat dini hari.

Selengkapnya di sini.

4. KPU tetapkan 9.925 DCS DPR RI pada Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan sebanyak 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI dalam daftar calon sementara (DCS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Dari 9.925 bacaleg DPR RI ini, rata-rata caleg perempuannya 37,3 persen,” kata anggota KPU RI Idham Holik pada konferensi pers di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Museum dan Galeri SBY-ANI, hadiah terbaik bagi bangsa di HUT Ke-78 RI

Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana menilai Museum dan Galeri Seni SBY-ANI yang diresmikan presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di Ploso, Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8), merupakan hadiah terbaik bagi bangsa pada HUT Ke-78 RI.

Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa museum seluas 1,5 hektare ini merupakan persembahan SBY untuk rakyat Indonesia pada HUT Ke-78 RI. Museum ini juga merupakan tanda cinta abadi SBY kepada almarhumah Ani Yudhoyono dan keluarga tercinta.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button