Teknologi

Kecepatan 5G di iPhone 15 Pro dilaporkan meningkat 24 persen


Jakarta (ANTARA) – Chip modem iPhone 15 Pro 24 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, demikian data yang ditujukan oleh SpeedSmart, sebuah alat pengukuran kecepatan internet.

SpeedSmart menguji kecepatan komunikasi 5G iPhone 15 Pro dan Pro Max pada operator utama Amerika AT&T, T-Mobile, dan Verizon.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa iPhone 15 Pro memiliki kecepatan komunikasi 5G lebih cepat di ketiga operator tersebut, dengan peningkatan signifikan dalam kecepatan unduh.

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus debut usung tampilan “matte”

Di antara semuanya, jaringan Verizon mengalami peningkatan yang paling signifikan, dengan iPhone 14 Pro memiliki kecepatan unduh rata-rata 195.83Mbps dan iPhone 15 Pro mencapai rata-rata 243.06Mbps. Ini adalah peningkatan sebesar 24 persen dalam kecepatan unduh.

Di T-Mobile, iPhone 15 Pro menunjukkan peningkatan sebesar 22 persen dengan kecepatan unduh 5G rata-rata tertinggi sebesar 300.92Mbps.

Adapun di AT&T, kecepatan unduh 14 persen lebih cepat dengan rata-rata 204.34Mbps. Namun demikian, kecepatan unggah mengalami perubahan yang sedikit di ketiga operator utama tersebut.

Peningkatan kinerja 5G ini disebabkan oleh modem yang ditingkatkan di iPhone 15 Pro dan Pro Max, seperti yang diungkapkan SpeedSmart.

Meskipun Apple belum mengumumkan secara resmi modem di perangkat ini, SpeedSmart mengatakan bahwa model Pro menggunakan modem Snapdragon X70 dari Qualcomm, yang memiliki tiga keunggulan utama.

Keunggulan tersebut yakni konsumsi daya yang lebih rendah, kemampuan agregasi operator 5G yang lebih baik, dan koneksi yang lebih stabil ketika iPhone jauh dari menara seluler.

Dengan semua perbaikan ini, tes SpeedSmart menunjukkan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max memberikan kecepatan 5G yang lebih cepat hingga 24% dibandingkan dengan iPhone 14 Pro.

Meskipun ada rumor tentang Apple mengembangkan modem 5G sendiri, perusahaan ini telah memperpanjang perjanjian pasokan modem dengan Qualcomm hingga tahun 2026. Demikian disiarkan Gizmochina, Sabtu (16/9) waktu setempat.

Baca juga: Port USB-C pada iPhone 15 dapat beri daya pada beragam aksesori

Baca juga: Apple hadirkan iPhone 15 series dengan model eSIM hanya di AS

Baca juga: Apple sebut iPhone 12 patuhi regulasi tentang radiasi

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2023


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button