Politik

Jokowi: TNI-Polri harus jadi bagian penting songsong Indonesia Emas


Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo meminta jajaran TNI dan Polri menjadi bagian penting dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.

“TNI-Polri harus menjadi bagian penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, karena kita berpeluang besar untuk menjadi negara maju dan keluar dari middle income trap, dan momentumnya adalah 15 tahun ke depan saat kita menikmati yang namanya bonus demografi,” kata Jokowi dalam arahannya pada Rapat Pimpinan TNI dan Polri Tahun 2024 bertema “Siap Wujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju” di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu.

Jokowi menyampaikan peluang berupa bonus demografi hanya muncul sekali di suatu negara. Dia pun kembali mengingatkan buat bisa Indonesia tidak seperti negara-negara di Amerika Latin yang gagal memanfaatkan peluang untuk menjadi negara maju.

Baca juga: Jokowi minta wartawan tanyakan Prabowo soal pelibatannya di kabinet

“Negara-negara di Amerika Latin, tahun 1950, tahun 1960, tahun 1970, sudah menjadi negara berkembang saat itu; tetapi sampai saat ini, mereka tetap menjadi negara berkembang karena tidak mampu melakukan terobosan, tidak mampu melompat untuk menjadi negara maju,” kata Jokowi.

Hal-hal tersebut, menurut dia, perlu diamati dan dipelajari buat bisa Indonesia tidak terjebak pada jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap).

“Ada peluang, tetapi juga tantangannya tidak kecil. Sehingga, semua kebijakan-kebijakan harus hati-hati. Pembangunan harus dilakukan berkelanjutan, harus dijalankan secara konsisten. Ini yang penting dan harus dikawal dengan detail dan teliti,” ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Menko: Aksesi OECD bantu Indonesia keluar dari ‘middle-income trap’

Baca juga: Jokowi: Kenaikan pangkat istimewa bagi Prabowo atas usul Panglima TNI

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button