Otomotif

Jajal New Honda Stylo 160, Performanya Agresif : Okezone Otomotif

JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan skuter matic bergaya retro New Honda Stylo 160. Skutik ini menggunakan mesin yang sama dengan Vario 160, tapi ada sedikit penyesuaian untuk mengimbangi bobotnya yang lebih besar.

Usai peluncuran, redaksi MNC Portal Indonesia berkesempatan menjajal New Honda Stylo 160 di Honda Safety Riding Park Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat. Model yang dijajal adalah tipe ABS (Anti-lock Braking System) atau varian tertinggi.

Saat pertama kali menunggangi Stylo 160, pengendara dengan tinggi badan 165 cm, posisi kaki tidak menapak sempurna. Meski begitu, posisi duduk yang nyaman membuat tangan rileks ketika memegang setang.

Menggunakan mesin yang sudah teruji, Stylo 160 menawarkan kesenyapan berkat teknologi eSP+. Getaran mesin juga sangat minim sehingga sangat nyaman bagi pengendara yang memiliki mobilitas tinggi.

Ketika membuka gas, terasa performanya sangat responsif dan hampir tak ada jeda. Tenaga terasa keluar dengan mudah tanpa hambatan. Motor ini juga memiliki tenaga yang agresif saat melintasi trek lurus sekitar 100 meter.

Stylo 160 dapat mencapai kecepatan 72 km/jam dalam jarak sekitar 100 meter. Ini sangat mengejutkan, mengingat motor ini memiliki bodi yang cukup besar dan tameng depan lebar.

Honda Stylo 160 (Dok AHM)

MNC Portal Indonesia juga berkesempatan menjajal motor ini dengan melewati tikungan tajam. Hasilnya, motor dapat dikendalikan dengan baik dan ringan. Itu berkat penggunaan rangka eSAF, sehingga Stylo 160 memiliki kendali yang lebih baik.

Selain itu, ban dengan ukuran yang cukup besar, yakni 110/90-12 untuk depan dan 130/80-12 di belakang, membuat kendalinya menjadi lebih baik. Penggunaan ban dengan ukuran besar tersebut juga dapat meningkatkan tampilan Stylo 160.

Saat melewati simulasi jalan rusak, bantingan suspensi depan terasa empuk. Sayangnya, itu tidak berlaku pada suspensi belakang tang terasa lebih kaku. Busa jok yang terasa keras tidak membantu untuk meredam guncangan pada suspensi belakang.

MNC Portal Indonesia juga menjajal New Honda Stylo 160 melewati rintangan jalan menanjak dengan sudut kemiringan sekitar 45 derajat. Saat melaluinya dari kecepatan 5 km/jam, tenaga sebesar 15,1 hp dan torsi 13,8 Nm yang dihasilkan mesin dapat membuatnya melewati tanjakan dengan mudah.

Soal keamanan tidak perlu diragukan. Saat melaju dalam kecepatan tinggi, MNC Portal Indonesia mencoba melakukan pengereman keras. Hasilnya, ban depan tidak mengalami selip, meski terdapat sedikit pasir di lintasan uji coba.

Hal tersebut berkat penggunaan teknologi ABS yang mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman keras. Sehingga, pengendara menjadi lebih aman dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Soal harga, Honda Stylo 160 dipasarkan dengan dua tipe yakni ABS dan CBS dengan total enam varian warna. Tipe ABS dibanderol seharga Rp30.425.000, dan tersedia dalam tiga warna yaitu Royal Green, Royal Matte Black dan Royal Matte White.

Sementara Stylo 160 CBS tersedia dalam tiga warna juga, yaitu Glam Red, Glam Black dan Glam Beige. Stylo 160 CBS dibanderol dengan harga Rp27.550.000. Seluruh harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button