Otomotif

Ini Tampilan Prototipe Pertama dari Konsorsium Baterai Motor Listrik : Okezone Otomotif

JAKARTA – Konsorsium Penutaran Baterai Motor Listrik (SBMC) yang diisi oleh 32 anggota, termasuk Honda, KTM, Piaggio Group, dan Yamaha, menciptakan prototipe pertama. Ini adalah upaya mereka untuk menyeragamkan jenis baterai yang digunakan pada seluruh model motor listrik.

Sejak konsorsium didirikan sejak 2021, memang tidak banyak kabar yang keluar mengenai apa yang sedang mereka kerjakan. Paling sering terdengar adalah terus bertambahnya jumlah anggota, yang saat ini menjadi 32 produsen.


Melansir Rideapart, pada 2022, SBMC mengumumkan penambahan anggota baru dan perincian spesifikasi teknis di antara anggota. Selain itu, SBMC mengembangkan prototipe baterai pertama yang dapat ditukar, yang dibuat oleh dua pemasok pilihan.

Prototipe ini dikembangkan sebagai bagian dari proses validasi dan penyempurnaan spesifikasi. Meski prototipe pertama sudah dilakukan tahap awal pengujian spesifikasi, pembuatan prototipe tahap kedua direncanakan oleh SBMC pada 2024.

Untuk prototipe tahap kedua, akan dilakukan proses pengujian langsung di lapangan untuk melihat keefektifitasannya. Uji coba sebenarnya akan dilakukan oleh SBMC bekerja sama dengan produsen baterai, penyedia stasiun pertukaran, dan OEM.

Selain kegiatan tersebut, SBMC juga bekerja di belakang layar, berpartisipasi dalam diskusi dengan badan standardisasi Eropa dan internasional. Para anggoita membahas hal-hal terkait pengembangan baterai swappable untuk motor listrik.

Bahkan, pembahasan ini mencakup topik-topik yang semakin penting mengenai keamanan siber dan perlindungan data. Hal ini menjadi sangat penting mengingat teknologi yang disematkan pada kendaraan semakin canggih dan terkomputerisasi.


Follow Berita Okezone di Google News


SBMC juga berencana ikut meramaikan EICMA 2023, di mana mereka ingin bertemu dengan yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang organisasi tersebut. Memamerkan kemajuannya sejauh ini, dan tujuan masa depannya.

Delegasi SBMC mengikuti diskusi spesifikasi teknis di Tokyo, Jepang pada awal Oktober 2023, dan akan mengadakan pertemuan berikutnya pada April 2024 di Turin, Italia.

Selain empat anggota yang sudah disebutkan, SBMC juga diikuti oleh Forsee Power, Ampace, CFMoto, Dell’Orto, Greenway, Hyba, Infineon, ITRI, Kawasaki, Keeway, Kymco, LG Energy Solution, Mitsuba, NIU, Polaris, Quantum Volts, Samsung SDI, Segway-Ninebot, Sinbon, Smobery, Sumitomo Electric, Suzuki, Swobbee, Triumph, VeNetWork SpA, Vitesco Technologies, Voltaira, dan Yamaichi Electronics.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button