Ekonomi

Ini Hal yang Harus Dilakukan Ketika Jadi Korban Modus Penipuan Salah Transfer


Suara.com – Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal meminta masyarakat waspada atas modus penipuan kekinian. Apalagi, modus penipuan yang baru, di mana modus salah transfer dari oknum pinjaman online (pinjol) ilegal.

Seperti dilansir dari keterangan tertulis satgas, Kamis (3/8/2023, modusnya, oknum tersebut mengirimkan sejumlah dana kepada seseorang melalui rekeningnya di Bank, meskipun orang tersebut tidak pernah mengajukan pinjaman.

Kemudian, pelaku akan meminta korban untuk mengirimkan kembali uang tersebut kembali, tapi bukan ke rekening pelaku, melainkan rekening lain.

Imbasnya, korban tanpa sadar telah menanggung beban biaya pinjol pelaku.

Baca Juga:Data Satgas: Sebanyak 434 Tawaran Pinjol Ilegal Beredar Selama Juli 2023

Oknum tersebut, kemudian mengancam penerimanya untuk segera melakukan pengangsuran atau pelunasan dengan jumlah dana yang lebih besar.

Terkait hal ini, Satgas memberikan tips bagi masyarakat yang menjadi korban modus penipuan sebagai berikut :

1. Tidak menggunakan dana yang telah diterima dari oknum tersebut.
2. Mengumpulkan bukti “salah transfer” tersebut melalui screenshot, untuk kemudian dilaporkan kepada kantor Polisi setempat dan mintakan surat tanda penerimaan laporan. Simpan bukti laporan tersebut dengan baik.
3. Laporkan hal ini kepada pihak Bank dan ajukan penahanan dana atas transfer oknum tersebut. Penahanan dana tersebut dilakukan sampai terdapat kejelasan siapa pihak yang bertanggung-jawab.
4. Jika dihubungi dan diteror oleh oknum, tidak perlu takut atau khawatir. Informasikan bahwa Anda tidak menggunakan dana yang ditansfer tersebut atau tidak pernah mengajukan pinjaman. Jika diperlukan dapat dilakukan pemblokiran kontak.


Source link

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button